Berita Banjarmasin

Pelamar Panwaslu Kecamatan di Tabalong Lampaui Target, Pendaftar Perempuan 40 Persen Lebih

Pelamar pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan di Bawaslu Tabalong lampaui target

Penulis: Dony Usman | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/dony usman
Suasana hari terakhir pelamar Panwaslu Kecamatan di Bawaslu Tabalong, Selasa (27/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG-Sempat muncul kekhawatiran ada satu kecamatan yang sepi peminat, ternyata pelamar pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan di Bawaslu Tabalong bisa lampaui target.

Ini diketahui berdasarkan data di hari akhir pendaftaran, Selasa (27/9/2022) sore hingga pukul 17.30 wita, total jumlah pelamar ada 166 orang, dengan pendaftar perempuan 77 orang atau lebih dari 40 persen.

Sehingga target Bawaslu Tabalong yang mematok keterwakilan perempuan dalam pendaftaran Panwaslu Kecamatan setidaknya 30 persen, bisa tercapai.

Bukan hanya itu saja, jumlah pelamar secara keseluruhan juga menunjukan tingginya minat masyarakat karena melampaui target.

Baca juga: Calon Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Banjar Ini Kaget NIK-nya Masuk Daftar Parpol

Baca juga: Hari Kelima Pendaftaran Panwaslu Kecamatan di Bawaslu Tabalong, Pelamar dari Upau Masih Nihil

Dimana dari 12 kecamatan yang ada di Tabalong, jumlah pelamar paling sedikit ada 9 orang dan terbanyak ada 18 orang.

Sementara itu target Bawaslu Tabalong minimal ada 9 orang pelamar dari tiap kecamatan.

“Hari ini memang hari terakhir masa pedaftaran Panwaslu Kecamatan. Alhamdulillah semua kecamatan ada pendaftarnya," ujar Ketua Bawaslu Tabalong, Hirsan.

Menurut Hirsan, pihaknya memang sempat khawatir ada kecamatan yang sepi peminat karena jelang dua hari dari batas akhir masih belum ada pelamar.

"Kemarin yang sempat kita khawatirkan itu di Kecamatan Upau, tapi hari ini sudah ada pendaftarnya dan terpenuhi secara jumlah pelamar maupun keterwakilan perempuannya," tambah Hirsan.

Dengan pelamar dan kuota perempuan yang sudah lebih target ini maka tahapan rekrutmen Panwaslu Kecamatan ini akan langsung berlanjut ke pengumuman seleksi administrasi.

Peserta yang lulus seleksi administrasi kemudian akan masuk pada tahapan seleksi berikutnya berupa tertulis menggunakan CAT.

"Untuk lokasi pelaksanaan tes CAT masih kita persiapkan," katanya.

Baca juga: Pendaftaran Panwaslu Kecamatan Dimulai Besok, Bawaslu Tabalong akan Rekrut 36 Orang

Selanjutnya dari seleksi tes CAT ini akan diambil masing-masing 6 orang untuk tiap kecamatan guna mengikuti tahapan seleksi berikutnya berupa tes wawancara.

Dari tahapan seleksi wawancara inilah nantinya akan dipilih masing-masing 3 orang untuk ditetapkan jadi Panwasu Kecamatan di 12 kecamatan yang ada di Tabalong.

"Jadi seleksi ini dijalankan sesuai prosedur yang ada, mudah-mudahan hasilnya nanti sesuai yang kita harapan untuk menghadapi Pemilu 2024," ucapnya. (Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved