Berita Batola

Peringatan Hari Jadi PMI dan Dies Natalis IPB, HA IPB Gelar Aksi Donor Darah di Batola

Donor darah digelar oleh himpunan Alumni Insitute Pertanian Bogor dengan PMI Batola memeringati Hari Jadi ke-77 PMI dan Dies Natalis ke-59 IPB

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri
Sejumlah warga saat mengikuti aksi donor darah pada pada peringatan Hari Jadi PMI ke-77 sekaligus Dies Natalis IPB Bogor ke-59 di Markas PMI Batola, Selasa (27_9_2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Puluhan warga antusias datangi Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Barito Kuala, untuk mengikuti aksi donor darah, Selasa (26/9/2022).

Aksi sosial digelar oleh himpunan Alumni Insitute Pertanian Bogor (HA-IPB) bekerjasama dengan PMI Batola memeringati Hari Jadi ke-77 PMI sekaligus Dies Natalis ke-59 IPB.

Disampaikan Totok Dewanto, anggota HA-IPB Kalsel, awalnya acara ini sebatas ajang silaturrahmi sesama alumni IPB yang ada di Kalsel, namun tampaknya tidak begitu maksimal jika hanya sekedar pertemuan biasa.

"Maka dari itu kita ingin mengemasnya menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, jadilah aksi donor darah ini digelar," beber Totok.

Baca juga: Pendaftar Panwascam Terbanyak kedua Se-Kalsel, Bawaslu Batola Sebut Peluang Besar Perempuan

Baca juga: Lama Dikeluhkan karena Rusak, Jalan Berangas di Kecamatan Alalak Batola dalam Tahap Pengerjaan

Bukan tanpa alasan, lanjut Totok, sebagaimana diketahui ketersediaan darah ini selalu dibutuhkan sebagai pasokan medis.

Dimana biasanya secara mendadak dibutuhkan.

Terlebih lagi saat pandemi Covid-19 begitu ganas menerpa beberapa waktu lalu.

"Ok lah, kalau dulu para pejuang berkorban berceceran darah untuk merebut kemerdekaan kita sekarang juga bisa berjuang untuk mereka yang membutuhkan melalui tetesan darah yang kita donorkan," tandasnya.

Terkait aksi ini, disampaikan H Rahmadian Noor, ketua PMI Batola, pihaknya sangat mengapresiasi aksi donor dari para relawan maupun pihak yang terlibat kali ini.

Karena sesuai tugasnya, PMI adalah organisasi yang erat kaitannya dengan ketersediaan pasokan darah untuk masyarakat di Batola.

Baca juga: Pencuri Bobol SMPN 2 Jorong Kabupaten Tanahlaut Kalsel, Komputer Hingga Gorden Digasak Pelaku

Baca juga: Mengadu ke DPRD HST, Pedagang Ayam Potong Minta Dispensasi Berjualan di Pinggir Jalan Selama Sebulan

"Jadi ini adalah kolaborasi yang tepat, semoga terus bisa berlanjut. Agar masyarakat juga terus bisa terbantu dengan program yang kami jalankan," terang Rahmadi.

Sementara itu, diungkapkan Azizah Sri Widari, Kepala Dinas Kesehatan Batola, selama ini pasokan darah di Batola masih terpenuhi dan aman.

Meskipun ketersediaannya lebih kepada kerabat pasien yang bersedia untuk jadi pendonor ketika dibutuhkan.

"Selain itu, jika tidak terpenuhi maka mereka yang membutuhkan datang ke PMI, dari sini mereka bisa membantu, karena telah memiliki daftar pendonor atau dengan istilah by name," ujar Azizah.

(Banjarmasinpost.co.id/MuhammadTabr

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved