Pemilu 2024

Tuntaskan Tahap Pertama Verifikasi 23 Parpol, KPU Tapin Bersiap Verifikasi Perbaikan Administrasi

KPU Tapin telah menyelesaikan proses verifikasi administrasi terhadap 23 Partai Politik (parpol) yang terdaftar

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Hari Widodo
Dok Banjarmasinpost
Ketua KPU Tapin, Hj. Henny Hendriyanti. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,  RANTAU - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Tapin telah menyelesaikan proses verifikasi administrasi terhadap 23 Partai Politik (parpol) yang terdaftar dari 24 Parpol yang secara nasional dinyatakan lolos tahapan verifikasi, Selasa, (27/09/2022).

Ketua KPU Kabupaten Tapin, Hj Henny Hendriyani mengatakan ada 23 dari 24 Partai Politik yang terdaftar secara nasional sudah dilakukan verifikasi tahap pertama oleh KPU Tapin.

"Dari empat tahapan verifikasi administrasi (Vermin), tahap pertama sudah selesai dan akan memasuki tahap kedua Vermin,"katanya.

Hj. Henny mengatakan untuk saat ini KPU Tapin sedang melaksanakan persiapan tahapan verifikasi perbaikan administrasi dokumen persyaratan partai politik peserta pemilu 2024 mendatang di Kabupaten Tapin.

"Untuk pelaksanaan tahapan verifikasi perbaikan administrasi dokumen persyaratan parpol tersebut dimulai pada tanggal 2 hingga 5 Oktober 2022 nanti," jelasnya.

Baca juga: Siapkan Pengamanan Pemilu 2024, Polres Kotabaru Gelar Simulasi Sispam Kota

Baca juga: NEWS UPDATE SBY Akan Turun Gunung Hadapi Pemilu 2024, Sebut Tercium Tanda Kecurangan

Henny Hendriyani mengatakan untuk perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK ), Panitia Pemungutan Suara ( PPS ) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara ( KPPS ) akan terlaksana pada Oktober 2022 mendatang.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Tapin, Syaifudin mengatakan Pemilihan Umum 2024 mendatang di Kabupaten Tapin ini sedikit berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya.

"Karena pelaksanaannya berbarengan dengan Pilkada Serentak Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati," jelasnya.

Syaifudin mengatakan tentu selain prosesnya akan memakan waktu yang cukup lama, juga akan menguras energi sehingga kesiapan mental dan fisik harus menjadi perhatian seluruh penyelenggara pemilu dari mulai tingkat Kabupaten hingga TPS.

"Meskipun demikian, KPU Pusat maupun KPU Kabupaten Tapin tidak mengatur secara khusus yang berkaitan dengan kesiapan fisik para penyelenggara pada pelaksanaan pemilu 2024 mendatang dan proses tahapan-tahapannya sudah berlangsung saat ini," jelasnya.

Baca juga: Data Ganda Keanggotaan Parpol Pendaftar Pemilu 2024 Berpotensi Bertambah, Ini Penjelasan KPU Kalsel

Ia mengatakan ada hal lain yang baru dilakukan pada persiapan pemilu kali ini dimana KPU Pusat mensyaratkan adanya Medical Check Up (MCU) untuk para penyelenggara pemilu di semua tingkatan.

"Hal ini dilakukan guna mengantisipasi adanya trouble medis khususnya berkaitan dengan fisik para penyelenggara pemilu nanti, disiapkan MCU untuk mengontrol kondisi kesehatan para petugas pemilu di semua tingkatan, jelasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved