Longsor di Tambang Emas Kotabaru

Korban Sebenarnya 17 Orang, 5 Orang Masih Dicari di Longsor Tambang Emas Sungai Durian Kotabaru

Petugas gabungan mencari 5 orang yang masih tertimbun tanah longsor di tambang emas rakyat Kecamatan Sungai Durian, Kotabaru, Kalsel, Rabu (28/9/2022)

Penulis: Man Hidayat | Editor: Alpri Widianjono
BASARNAS
Petugas gabungan melakukan pencarian korban tertimbun tanah longsor di kawasan tambang emas rakyat di Gunung Putri, Desa Buluh Kuning, Kecamatan Sungai Durian, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (28/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Memasuki hari kedua, yakni Rabu (28/9/2022), Tim SAR masih mencari sisa korban yang masih terperangkap dalam bencana longsor.

Lokasinya, kawasan tambang emas rakyat di Gunung Putri, Desa Buluh Kuning, Kecamatan Sungai Durian, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Tim SAR gabungan, bersama masyarakat, melakukan pencarian dengan menggunakan 3 mesin penyemprot  air untuk mengikis tanah dan mencari korban.

Pasalnya, pencarian tidak memungkinkan untuk menggunakan alat berat karena sulitnya akses ke lokasi . Jalur, hanya bisa dilintasi sepeda motor yang sudah dimodifikasi. 

Baca juga: NEWSVIDEO Suasana Pemakaman Korban Longsor Kotabaru di Desa Sungaipinang Tanahlaut

Baca juga: NEWSVIDEO Bahaya! Beginilah Kondisi Longsor Jalan Nasional di KM 171 Satui Barat Tanahbumbu

Kabar sebelumnya. yakni 15 orang yang diduga tertimbun longsor di daerah pegunungan tersebut. 

Tim Rescue tiba di lokasi pada Selasa (27/9) malam. Kemudian didapatkan informasi bahwa yang awalnya korban berjumlah 15 orang, bertambah menjadi 17 orang.

"Benar, kami dapatkan perkembangan terbaru dari tim kami di lapangan bahwa korban yang terdampak longsor berjumlah 17 orang. Semula, 3 orang masih dalam pencarian. Sekarang ini, menjadi 5 orang, menurut keterangan dari pengurus RT setempat," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Al Amrad. 

Ditambahkan Sekretaris Kecamatan Sungai Durian, Rahmat, saat ini sudah 12 orang korban yang ditemukan dan yang masih dicari sebanyak 5 orang lagi. 

Baca juga: Dua Sekolah Negeri di Pelaihari Tala Turut Kebobolan, Komputer dan Amplifier Juga Diembat Pencuri

Baca juga: Simpan Belati Berukuran 35 Cm di Pinggang, Pria Ini Diamankan Polsek Banjarmasin Barat

" Untuk data korban yang masih dalam pencarian, didapatkan nama-nama korban, yaitu Ravi (28), Bubul (40),  Parin (25), Sahdi (30) dan Amut (40), " katanya. 

Dia juga mengatakan, Bupati Kotabaru bersama Dandim mendatangi lokasi bencana untuk melihat langsung upaya pencarian para korban yang tertimbun longsor.

(Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved