Bumi Sanggam

Tingkatkan Gizi Seimbang, DKP3 Kabupaten Balangan dan TP PKK Gelar LMSI

Digelarnya LMSI di Balangan diharapkan mampu menekan angka stunting utamanya dalam mengkonsumsi gizi yang seimbang dan tinggi dari ikan.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Eka Dinayanti
kominfo balangan
Tim penilai LMSI pada acara DKP3 Kabupaten Balangan dan TP PKK Kabupaten Balangan mencicipi masakan peserta lomba 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan bersama TP PKK Kabupaten Balangan menggelar Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) dan Lomba Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dari bahan pangan lokal.

Kegiatan yang bertemakan "Ayo Makan Ikan, Lawan Stunting, Cegah Rawan Pangan" ini bertujuan agar apa yang menjadi keinginan Kabupaten Balangan untuk meningkatkan gizi masyarakat seimbang, aman serta beragam bisa diupayakan.

Kepala DKP3 Kabupaten Balangan, Tuhalus mengatakan kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Menurutnya, dengan adanya lomba yang digelar ini diharapkan mampu menekan angka stunting utamanya dalam mengkonsumsi gizi yang seimbang dan tinggi dari ikan.

“Kami juga berharap tidak hanya ikan gabus yang menjadi bahan olahan tetapi beragam semua ikan yang ada di sini bisa dikonsumsi dan bisa dibuat, baik langsung dimakan maupun dari olahan-olahan yang berupa baik itu nugget maupun hal-hal yang lain,” harapnya, Rabu (28/9/2022).

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Balangan, Sri Huriyati Hadi sangat mengapresiasi dengan kegiatan yang digelar ini.

Lomba tersebut merupakan kolaborasi terbaik bersama pemerintah daerah dalam menurunkan angka stunting di Balangan.

Terakhir, Sri Huriyati Hadi berharap kepada seluruh jajaran TP PKK Kecamatan agar bisa mensosialisasikan kepada masyarakat bagaimana mengolah ikan yang baik, supaya gizinya tidak terbuang sia-sia.

"Sebagaimana diketahui, mengkonsumsi ikan itu sangat berguna bagi tubuh dan juga banyak sekali dari pekarangan-pekarangan yang bisa digunakan seperti menanam tumbuh-tumbuhan seperti sayur. Jadi itu yang nantinya diolah menjadi makanan yang bergizi,” ucapnya.

Adapun pemenang dalam LMSI untuk kategori menu kudapan yaitu juara 1 Kecamatan Awayan, juara 2 Kecamatan Paringin Selatan dan juara 3 Kecamatan Lampihong.

Selanjutnya pemenang LMSI kategori menu balita yaitu juara 1 Kecamatan Paringin, juara 2 Kecamatan Awayan dan juara 3 Kecamatan Halong.

Sementara untuk LMSI kategori menu keluarga diraih oleh Kecamatan Paringin sebagai juara 1, juara 2 Kecamatan Paringin Selatan dan juara 3 Kecamatan Juai.

Sedangkan pemenang dalam lomba menu B2SA diraih oleh Kecamatan Paringin Selatan juara 1, Kecamatan Batumandi juara 2 dan Kecamatan Lampihong juara 3.

Terakhir juara kategori menu makan terbaik diperoleh dari Kecamatan Paringin Selatan, juara kategori menu lunch box terbaik dari Kecamatan Paringin Selatan, serta juara kategori kudapan terbaik diperoleh dari Kecamatan Paringin dengan uang pembinaan masing-masing yaitu Rp 750.000. (aol)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved