Korupsi di Kalsel

Lunas Bayar Denda, Terpidana Korupsi Dana Hibah Koni Tabalong Sisakan Uang Pengganti Rp 1,5 Miliar

Terpidana korupsi dana hibah di KONI Tabalong, MHA (55) telah melunasi uang denda Rp 200 Juta. Sedangkan uang pengganti masih tersisa Rp 1,6 miliar

Penulis: Dony Usman | Editor: Hari Widodo
Kejari Tabalong untuk BPost
Petugas Kejari Tabalong setorkan uang denda dan uang pengganti kasus dana hibah KONI Tabalong ke Bank Kalsel, Kamis (29/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Kejaksaaan Negeri (Kejari) Tabalong melakukan penyetoran uang denda dan juga uang pengganti ke kas negara dari terpidana kasus korupsi dana hibah di KONI Tabalong, MHA (55).

Terpidana MHA yang saat terjerat kasus ini merupakan Ketua KONI Tabalong dalam putusan dijatuhi hukuman penjara 3 tahun 4 bulan dan denda Rp 100 juta subsider 3 bulan kurungan.

Selain itu, juga dihukum membayar uang pengganti Rp 1.839.778.109. Dengan ketentuan harus dibayar paling lama 1 bulan sesudah putusan ini berkekuatan hukum tetap.

Jika tidak membayar maka harta bendanya disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut dengan ketentuan apabila harta bendanya tidak mencukupi maka diganti hukuman 1 tahun 6 bulan penjara.

Baca juga: Dugaan Korupsi Dana Hibah KONI, Kejari Banjarbaru Tetapkan Ketua dan Bendahara Jadi Tersangka

Baca juga: Dituntut 5 Tahun Penjara, Begini Respon Kuasa Hukum Terdakwa Kasus Dana Hibah KONI Banjarmasin 

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tabalong Mohamad Ridosan, melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Kejari Tabalong, Amanda Adelina, Kamis (29/9/2022), membenarkan menyetorkan uang denda dan uang pengganti dari terpidan MHA.

Untuk uang denda dibayarkan lunas terpidana MHA sebesar Rp 100 juta, Kamis (15/9/2022) di ruang Kaso Tindak Pidana Khusus Kejari Tabalong.

Sedangkan penyerahan uang pengganti dilakukan terpidana MHA dengan cara diangsur.

"Pertama angsuran uang pengganti sebesar Rp 200 juta pada hari Selasa 20 September 2022 dan pembayaran angsuran uang pengganti yang kedua sebesar Rp150 juta," ujar Amanda.

Terpidana HMA menyerahkan uang tersebut diwakili keluarganya dan  diterima Kasi Tindak Pidana Khusus Kejari Tabalong Andi Hamzah Kusumaatmaja, beserta Kepala Sub Seksi Penuntutan Mohammad Zultoni.

Baca juga: Dugaan Korupsi Dana Hibah KONI Tabalong Dilimpahkan ke Kejaksaan, Dua Tersangka Ditahan

Selanjutnya uang pembayaran denda dan uang pengganti diserahkan kepada Bendahara Penerima Kejari Tabalong untuk disetorkan ke Kas Negara melalui Bank Kalsel Unit Tabalong.

Dengan penyerahan uang itu, maka untuk kewajiban membayar uang denda sudah dilunasi terdakwa HMA. 

Sedangkan uang pengganti, dari total Rp 1.839.778.109, karena baru dibayar sebesar Rp 350 juta, maka masih ada sisa sekitar Rp 1,5 miliar uang pengganti yang harus dibayar terpidana.
(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved