Berita Balangan

Promosikan Wisata Bambu Rafting, Disporapar Balangan Blusukan ke Dusun Nanai

Tim Disporapar Kabupaten Balangan untuk menuju Dusun Nanai di Desa Ajung, Kecamatan Tebingtinggi untuk mempromosikan wisata Bambu Rafting

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Tim Disporapar Kabupaten Balangan mencoba wisata bambu rafting atau balanting di Dusun Nanai, Desa Ajung , Kecamatan Tebingtinggi, Balangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Jarak tempuh beberapa kilometer dari pusat desa, tak menyurutkan keinginan dari Tim Disporapar Kabupaten Balangan untuk menuju Dusun Nanai, bagian dari Desa Ajung, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Balangan, Kalsel. 

Mereka mendatangi kawasan tersebut untuk kembali mempromosikan objek wisata setempat, yakni bambu rafting atau istilah desa menyebutnya balanting

Menggunakan sepeda motor roda dua yang merupakan alat transportasi tercepat untuk menuju Nanai, tim ini berpacu adrenalin di kawasan pegunungan.

Apalagi jalan menuju Dusun Nanai bisa dikatakan tidaklah gampang, karena hanya jalur setapak yang sesekali melewati pinggiran jurang. 

Baca juga: Dusun Nanai, Terpencil Namun Tawarkan Keindahan Alam Gunung dan Sungai

Baca juga: Balanting dari Dusun Nanai, Arung Jeram Ekstrem di Sungai Ajung

Warga di Dusun Nanai, begitu ramah menyambut kedatangan pengunjung.

Mereka juga telah terbiasa adanya orang yang datang kesana.

Terlebih Dusun Nanai adalah desa yang menjadi titik nol untuk jalur balanting

Wisata alam ini sejak lama disediakan warga. Mereka membuat lanting dari bambu yang tumbuh di sekitaran permukiman penduduk. 

Kepala Disporapar Balangan Akhriani menyampaikan kedatangan tim Disporapar ke Dusun Nanai ialah untuk survei kondisi wisata. Terutama eksplorasi objek wisata di Desa Ajung. 

Baca juga: VIDEO Eksotisme Dusun Nanai di Kabupaten Balangan, Terpencil Tapi Bukit dan Sungainya Mempesona

Balanting di Dusun Nanai menjadi satu objek wisata di desa tersebut. Dimana Akhriani berharap hal itu dilihat oleh masyarakat. 

"Ini juga menjadi bentuk promosi kepada masyarakat Balangan dan daerah lainnya agar mereka berkunjung ke Dusun Nanai untuk mencoba bambu rafting disini," kata Akhriani, Kamis (29/9/2022).

Ia berharap dari eksplorasi wisata yang dilakukan, tim dari Disporapar Kabupaten Balangan dapat membuat promosi objek wisata yang menarik. Sehingga Dusun Nanai menjadi tempat yang dikenal banyak orang dan tujuan untuk wisata alam. (Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved