Berita Balangan

Si Jari Tangguh Dilaunching, Tim Penanganan Bencana Disebar ke Delapan Kecamatan di Balangan 

Pasukan Tim Respon Cepat (TRC)  BPBD Balangan mulai disebar ke delapan kecamatan yang ada di Balangan

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Kalak BPBD Kabupaten Balangan, H Rahmi secara simbolis melepas anggota TRC untuk disebar di kecamatan, Kamis (29/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Pasukan Tim Respon Cepat (TRC)  BPBD Balangan mulai disebar ke delapan kecamatan yang ada di Balangan. 

Program ini dikemas dalam Sistem Jejaringan Rescue Tanggap dan Kokoh atau Si Jari Tangguh yang baru saja dilaunching oleh BPBD Balangan, Kamis (29/9/2022).

Disampaikan oleh Kalak BPBD Kabupaten Balangan, H Rahmi, keberadaan Si Jari Tangguh dimaksudkan  sebagai upaya untuk meminimalisir keterlambatan informasi dalam merespon atau kecepatan anggota tiba di lokasi. Sehingga tidak hanya terfokus di kabupaten kota saja. 

Program Si Jari Tangguh yang menyebarkan personel TRC pada tiap kecamatan, membuat percepatan informasi dan penanganan. Terlebih orang yang ditempatkan pun sudah menerima pelatihan penanganan bencana. 

Baca juga: Promosikan Wisata Bambu Rafting, Disporapar Balangan Blusukan ke Dusun Nanai

Baca juga: NEWSVIDEO Kompetisi Permainan Tradisional Balogo di SMAN 2 Paringin, Balangan

Keberadaan TRC di kecamatan kata Rahmi juga untuk mempercepat penanganan situasi darurat yang terjadi. Terutama bencana. Dimana pada tiap kecamatan, ada lima anggota TRC yang ditugaskan. 

"Jumlah personel TRC yang ditugaskan di kecamatan berjumlah 40 orang yang terbagi pada delapan kecamatan. Setiap kecamatan ada lima anggota TRC bertugas," kata Rahmi. 

Sementara untuk pembinaan terhadap anggota dan dukungan peralatan serta logistik didukung oleh pihak kabupaten. 

Tentunya, program Si Jari Tangguh ini sebut Rahmi diharapkan dapat bekerja secara maksimal. Tak kalah penting, mereka juga diharapkan selalu amanah dalam menjalankan tugas kemanusiaan dalam bidang kebencanaan. 

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved