Tabalong Terdepan

TMMD ke115 di Kecamatan Tanta, Wabup Tabalong :  TMMD Beri Dampak Positif ke Masyarakat

Program TMMD ke-115 akan dilaksanakan mulai 11 Oktober sampai dengan 11 November 2022 di Kecamatan Tanta

Penulis: Dony Usman | Editor: Hari Widodo
Kodim 1008 Tabalong untuk BPost
Wabup H Mawardi bersama Dandim 1008 Tabalong Letkol Czi Catur Witanto, Ketua DRPD Tabalong H Mustafa saat mengikuti video conference Rakornas TMMD ke-115 di ruang Vicon Kodim 1008. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Untuk kesekian kalinya, Progam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)  dilaksanakan di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel)

Kali ini lewat Kodim 1008/Tabalong, Program TMMD ke-115 akan dilaksanakan mulai 11 Oktober sampai dengan 11 November 2022 di Kecamatan Tanta.

Dandim 1008/Tabalong, Letkol Czi Catur Witanto, menyebutkan pada TMMD ke-115 ini akan dibangun jalan untuk menghubungkan Desa Pamarangan Kanan dan Desa Murung Baru.

"Di situ ada jalan desa yang sebelumnya longsor sehingga masyarakat melaksanakan kesulitan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari, khususnya untuk.memanen hasil kebun mereka," ujarnya usai mengikuti video conference Rakornas TMMD ke-115 di ruang Vicon Kodim 1008/Tabalong, Kamis (29/9/2022).

Kodim 1008 Tabalong-Serahkan terima buku rencana sasaran TMMD dilakukan Wabup Tabalong H Mawardi dan Dandim 1008_Tabalong, Letkol Czi Catur Witanto.
Kodim 1008 Tabalong-Serahkan terima buku rencana sasaran TMMD dilakukan Wabup Tabalong H Mawardi dan Dandim 1008_Tabalong, Letkol Czi Catur Witanto. (Kodim 1008 Tabalong untuk BPost)

Untuk itulah pihaknya beserta masyarakat yang didukung penuh pemerintah daerah menetapkan untuk melaksanakan TMMD di wilayah tersebut dengan dukungan dana dari pemerintah sebesar Rp 1,5 miliar.

Jalan baru yang akan dibangun untuk hubungkan Desa Pamarangan Kanan dan Desa Murung Baru ini, tambah Dandim, panjangnya 1,2 kilometer dengan lebar 6 meter.

Selain itu juga ada pembangunan yang lain, seperti pembangunan lima gorong-gorong satu jembatan box culvert, rehab rumah, rehab mushala dan juga pos kamling.

"Juga ada kegiatan non fisik berupa penyuluhuhan-penyuluhan dari kepolisian, pemerintah daerah, dinas kesehatan, dinas pendidikan dan unsur terkait sehingga dalam pelaksanaan TMMD tersebut diharapkan antara masyarakat, TNI, pemda, kepolisian bisa bersatu-padu guna memajukan wilayah Kabupaten Tabalong," ucapnya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi, mengakui, dengan adanya TMMD yang sudah beberapa kali dilakukan ini sangat berdampak tehadap kehidupan masyarakat di Bumi Sarabakawa.

“Daerah-daerah yang terisolir bisa terbuka sekarang, jadi masyarakat bisa membawa hasil pertanian, perkebunannya dengan mudah karena dibangunnya jalan dan jembatan yang difasilitasi oleh TMMD," katanya.

Untuk wabup menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan TMMD yang dilaksanakan TNI karena mempercepat pembangunan, khususnya akses jalan di daerah-daerah terisolir.

Dengan besarnya dampak positif yang didapat masyarakat dan pemerintah daerahx wabup memastikan, Pemkab Tabalong selalu memberikan dukungan pada TMMD, mulai dari awal perencanaan hingga pelaksanaan.

Begitu pula pada pelaksanaan TMMD ke-115 ini, dukungan penuh juga diberikan, termasuk mengucurkan dana Rp 1,5 miliar dari APBD Kabupaten Tabalong tahun 2022.

Dandim 1008/Tabalong, Letkol Czi Catur bersama jajaran.
Dandim 1008/Tabalong, Letkol Czi Catur saat meninjau lokasi rencana pelakanaan TMMD ke-115 di Kecamatan Tanta. (Kodim 1008 Tabalong untuk BPost)

Wabup juga menyampaikan pesan kepada masyarakat yang daerahnya menjadi lokasi sasaran TMMD ke-115 bisa juga memberikan dukungan penuh.

"Mari masyarakat sama-sama membantu dan mendukung TNI untuk menyelesaikan pekerjaan di TMMD, karena hasilnya nanti akan dirasakan masyarakat itu sendiri," katanya. 

Diketahui video conference Rakornas TMMD ke-115 di ruang Vicon Kodim 1008/Tabalong, ini selain diikuti Wabup Tabalong, juga ada Ketua DPRD Tabalong dan Kepala Bappedalitbang Tabalong.(AOL)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved