Berita Kotabaru

Empat Bulan Sistem Parkir Baru di Siringlaut Kabupaten Kotabaru, Bisa Lampaui Target PAD

Penerapan parkir sistem digital selama empat bulan oleh Dishub di Siringlaut Kabupaten Kotabaru berhasil meraup pandapatan setara target PAD setahun.

Penulis: Herliansyah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/HELRIANSYAH
Penerapan sistem digitalisasi pengelolaan parkir di wisata Siringlaut, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (30/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Kotabaru, Khairian Anshari, menyatakan, pemerintah daerah terus membenahi sektor transportasi di Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurut Khairian, sektor tersebut salah satunya dengan mendigitalisasi pengelolaan parkir. Wisata Siringlaut Kotabaru, Kalsel, menjadi percontohan kawasan parkir kendaraan berbasis elektronik atau E-Parking.

"Itu yang kami lakukan, di antaranya untuk peningkatan pendapatan asli daerah," jelas Khairian kepada Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (1/10/2022).

Pihaknya akan terus melakukan evaluasi, dengan menambag satu titik portal. Hal itu upaya meminimalisasi kemacetan kendaraan yang masuk dan keluar rest area wisata Siringlaut.

Baca juga: Lagi Tidur Santri di Rembang Ini Disiram Bensin dan Dibakar, Ini Kata Polisi

Baca juga: Tim SAR Gabungan Masih Lakukan Pencarian Dua Korban Longsor Tambang Emas Kotabaru

Baca juga: Tim Gabungan Masih Lakukan Pencarian WNA Tenggelam di Perairan Tanjung Mangkok Kotabaru

Sementara ini, upaya meminimalisasi kemacetan, pihaknya rutin menugaskan petugas dari Dishub Kotabaru. Selain memberdayakan masyarakat sekitar menjadi juru parkir untuk mengatur kendaraan di dalam area Siringlaut.

Ia tidak menepis, masih ada kendala dihadapi di lapangan. Misal, kehilangan satu sampai dua buah helm milik pengendara. Namun ditegaskan dia, pihaknya akan tetap bertanggung jawab.

Untuk menekan kejadian itu, sambung Khairian, pihaknya sudah bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga ( Disparpora Kotabaru). Kemudian, memanfaatkan CCTV yang ada terpasang di kawasan Siringlaut Kotabaru.

Sinergitas antara Dishub Kotabaru dan Disparpora, diharapkan dia, dapat meminimalisasi terjadinya hal-hal tidak diinginkan dalam pengelolaan parkir.

Baca juga: Oleng Saat Melintas di Desa Sei Rukam Tabalong, Truk Bak Kayu Tabrak Pohon dan Terbalik

Baca juga: Sopir Truk Nekat Terobos Area Longsor Satui, Petugas Satlantas Polres Tanbu Kalsel Beri Tilang

Baca juga: Kebakaran di Desa Beringin HSU Sabtu Dinihari, Api Lumat Deretan Rumah Kayu

Sedangkan mengenai pengelolaan parkir setelah diterapkan sistem digitalisasi, diakui Khairian, baru berjalan empat bulan.

Dan penerimaan di sektor ini sudah bisa melampaui target satu tahun.. "Ini sesuatu yang luar biasa," tandas Khairian.

(Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved