Paspor Berlaku 10 Tahun

Kabar Gembira Masa Berlaku Paspor Jadi 10 Tahun, Berikut Syarat Mendapatkan Paspor

Masa berlaku Paspor saat ini menjadi 10 tahun, simak juag bunyi peraturan dari Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Editor: Irfani Rahman
banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody
Proses pembuatan paspor pada Kemenkumham Legal Expo 2021 di Atrium Duta Mall diambil fotonya untuk pembuatan paspor, Selasa (26/10/2021) lalu. Saat ini masa berlaku paspor jadi 10 tahun 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kabar gembira bagi pemegang Paspor saat ini dimana masa berlaku paspor saat ini menjadi 10 tahun.

Ini setelah Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ( Kemenkumham) memperpanjang masa berlaku Paspor yang tadinya 5 tahun menjadi 10 tahun.

Tentunya dengan masa berlaku 10 tahun kita tak perlu bolak balik memperpanjang Paspor.

Aturan ini mulai berlaku 29 September 2022.

Baca juga: Harga BBM Terbaru Sabtu 1 Oktober 2022 di Seluruh SPBU Pertamina di Indonesia, Pertamax Turun

Baca juga: Uban Bikin Kurang Percaya Diri, dr Zaidul Akbar Imbau Cegah Lewat Kurangi Konsumsi Gorengan

Aturan baru ini termaktub dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 8 Tahun 2014 tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor.

"Masa berlaku Paspor biasa paling lama 10 (sepuluh) tahun sejak diterbitkan," bunyi Permenkumham 18/2022 Pasal 2A ayat 1 sebagaimana dikutip Tribunnews.com, Kamis (29/9/2022).

Merujuk Permenkumham 18/2022 Pasal 2 ayat 2, dijelaskan paspor biasa terdiri dari paspor biasa elektronik dan paspor biasa nonelektronik.

Kembali ke persoalan perpanjangan masa berlaku paspor, disampaikan bahwa penerima aturan baru ini berlaku bagi Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun atau yang sudah menikah.

" Paspor biasa dengan masa berlaku paling lama 10 (sepuluh) tahun hanya diberikan kepada warga negara Indonesia yang telah berusia 17 (tujuh belas) tahun atau sudah menikah," bunyi Pasal 2A ayat 2.

Sementara, masa berlaku paspor biasa yang diterbitkan bagi anak berkewarganegaraan ganda tidak boleh melebihi batas usia anak tersebut untuk menyatakan memilih kewarganegaraannya, sebagaimana bunyi Pasal 2A ayat 3.

"Batas usia anak sebagaimana dimaksud pada ayat (3) ditentukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," tulis Permenkumham 18/2022 Pasal 2A ayat 4.

Baca juga: Penampakan Makam Kuno di Jerman, Berisi Kuburan Wanita dengan Kursi Lipat

Baca juga: Arkeolog Mesir Temukan Ratusan Mumi di Pekuburan Kuno Saqqara, Berasal 2500 Tahun Lalu

Berikut syarat mendapatkan paspor:

a. kartu tanda penduduk yang masih berlaku;

b. kartu keluarga

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved