Tabalong Terdepan

Pemerintah Kabupaten Tabalong Siap Dukung Pemberian Data, Parpol Diminta Ikut Awasi Proses DPB

Bupati H Anang Syakhfiani mengharapkan parpol peserta Pemilu 2024 ikut mengawasi proses DPB demi memperoleh data pemilih yang bersih.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Tabalong, Achmad Rahadian Noor, saat membacakan sambutan tertulis Bupati H Anang Syakhfiani di Rakor DPB Tahun 2022 periode triwulan ketiga yang digelar KPU, Sabtu (1/10/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Dukungan untuk memberikan data agar data pemilih bisa dihasilkan dengan akurat, faktual dan valid siap diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong.

Ini disampaikan dalam sambutan tertulis Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani yang dibacakan Kepala Badan Kesbangpol, Achmad Rahadian Noor, di Rakor Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) tahun 2022 periode triwulan ketiga yang digelar KPU Tabalong, Sabtu (1/10/2022) siang, 

Selain itu, Bupati juga mengharapkan parpol peserta pemilu ikut mengawasi proses DPB demi memperoleh data pemilih yang bersih. 

“Hal itu tak lain demi harapan kita semua agar pemilu di Kabupaten Tabalong nantinya dapat berjalan aman, sukses dan tanpa sengketa,"  ujarnya dihadapan peserta yang hadir di aula Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tabalong

Dalam sambutan tertulisnya juga disampaikan, rakor yang dilakukan tentu dimaksudkan untuk menghimpun dinas dan instansi terkait agar dapat saling bekerjasama dalam pemutakhiran data pemilih untuk Pemilu 2024.

Rapat Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) digelar KPU Kabupaten Tabalong Sabtu (01102022).
Rapat koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2022 periode triwulan ketiga yang digelar KPU Kabupaten Tabalong, Sabtu (1/10/2022).

Baik dalam pemberian data kependudukan ataupun kerjasama dalam mensosialisasikan pada masyarakat.

“Oleh karenanya, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tabalong tentu terus melaksanakan koordinasi intesif dengan dinas terkait yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk melakukan memutakhirkan data pemilih," tambahnya.

Ini juga sesuai dengan amanat pasal 20 huruf l Undang - Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, dimana KPU kabupaten/kota berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data Pemilih secara berkelanjutan, dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam mendukung KPU dalam menjalankan kewajiban tersebut, lanjutnya, tentu harus ada dukungan nyata, terutama kerja sama dengan derah, juga antar kecamatan se- Kabupaten Tabalong dan partisipasi masyarakat untuk bersinergi mewujudkan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang berkualitas dan akuntabel.

Tujuannya tak lain agar pada Pemilu selanjutnya dapat dihasilkan data pemilih yang valid dan akurat.

Suasana Rakor Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) digelar KPU di BKPSDM Tabalong Sabtu (01102022).
Suasana Rakor Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2022 periode triwulan ketiga yang digelar KPU di Aula Kantor BKPSDM Kabupaten Tabalong, Sabtu (1/10/2022).

“Membicarakan data pemilih, adalah membicarakan pergerakan data masyarakat yang sangat dinamis. Setiap saat ada perubahan dari penduduk atau  masyarakat, misalnya ada yang meninggal dunia, baru berusia 17 tahun sehingga telah memenuhi syarat sebagai pemilih, ada perubahan identitas atau mungkin terjadi mutasi penduduk," ujarnya.

Semua itu harus diupdate dalam data pemilih KPU Tabalong, sehingga data pemilih tetap tersaji kepada publik secara mutakhir. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved