Berita Banjarbaru

Perpanjangan Masa Berlaku Paspor Belum Diterapkan di Kalsel, Ini Alasannya

Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin Kalsel belum terapkan masa berlaku paspor 10 tahun karena menunggu sistem dan standar operasional dari Kemenkumham.

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MILNA SARI
Pelayanan keimigrasian Kanim Kelas 1 TPI Banjarmasin di Bandara Internasional Syamsudin Noor di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (1/10/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kebijakan mengenai masa berlaku paspor yang diperpanjang menjadi selama 10 tahun,  belum bisa diterapkan di daerah termasuk di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Disampaikan Kasi Lalulintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin, Irpan Sapari, Sabtu (1/10/2022), sementara ini pihaknya belum bisa menerapkan perpanjangan tersebut.

Sebab, lanjut dia, belum ada Surat Edaran (SE) resmi dari Dirjenim. Serta, pihaknya masih menunggu sistem dan standar operasional perpanjangan masa berlaku paspor.

"Kami masih menunggu Surat Edaran dan kesisteman serta SOP, jadi belum bisa diterapkan," ujarnya.

Baca juga: Kabar Gembira Masa Berlaku Paspor Jadi 10 Tahun, Berikut Syarat Mendapatkan Paspor

Baca juga: Lagi Tidur Santri di Rembang Ini Disiram Bensin dan Dibakar, Ini Kata Polisi

Baca juga: Kecelakaan di Kalsel - Pengendara Roda Dua di Anjir Pasar Batola Tewas Setelah Hantam Truk Parkir

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Imigrasi (Dirjenim) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memperpanjang masa berlaku paspor yang tadinya 5 tahun menjadi 10 tahun.

Aturan baru ini termaktub dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 18 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 8 Tahun 2014 tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor.

"Masa berlaku paspor biasa paling lama 10 (sepuluh) tahun sejak diterbitkan," bunyi Permenkumham 18/2022 Pasal 2A ayat 1.

Meskipun sebelumnya, dari pengumuman kebijakan baru tersebut berlaku mulai 29 September 2022.

Baca juga: Sopir Truk Nekat Terobos Area Longsor Satui, Petugas Satlantas Polres Tanbu Kalsel Beri Tilang

Baca juga: Oleng Saat Melintas di Desa Sei Rukam Tabalong, Truk Bak Kayu Tabrak Pohon dan Terbalik

Merujuk Permenkumham 18/2022 Pasal 2 ayat 2, dijelaskan bahwa paspor biasa terdiri dari paspor biasa elektronik dan paspor biasa nonelektronik.

Kembali ke persoalan perpanjangan masa berlaku paspor, disampaikan bahwa penerima aturan baru ini berlaku bagi Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun atau yang sudah menikah.

"Paspor biasa dengan masa berlaku paling lama 10 (sepuluh) tahun hanya diberikan kepada warga negara Indonesia yang telah berusia 17 (tujuh belas) tahun atau sudah menikah," bunyi Pasal 2A ayat 2.

Sementara, masa berlaku paspor biasa yang diterbitkan bagi anak berkewarganegaraan ganda tidak boleh melebihi batas usia anak tersebut untuk menyatakan memilih kewarganegaraannya, sebagaimana bunyi Pasal 2A ayat 3.

Baca juga: Kebakaran di Desa Beringin HSU Sabtu Dinihari, Api Lumat Deretan Rumah Kayu

Baca juga: Tim SAR Gabungan Masih Lakukan Pencarian Dua Korban Longsor Tambang Emas Kotabaru

Baca juga: Tim Gabungan Masih Lakukan Pencarian WNA Tenggelam di Perairan Tanjung Mangkok Kotabaru

 

"Batas usia anak sebagaimana dimaksud pada ayat (3) ditentukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," tulis Permenkumham 18/2022 Pasal 2A ayat 4.

Berikut syarat mendapatkan paspor:a. kartu tanda penduduk yang masih berlaku;
b. kartu keluarga
c. akte kelahiran, akte perkawinan atau buku nikah, ijazah atau surat baptis
d. surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang Asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
e. surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama
f. Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki paspor biasa

(Banjarmasinpost.co.id/Milna)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved