Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca Kalimantan Selatan Hari Ini, BMKG : Waspada Jawa Barat, Banten dan Jawa Timur

Berikut Prakiraan Cuaca Kalimantan Selatan, Sabtu 1 Oktober 2022, BMKG beri peringatan untuk Jawa Barat, jawa Timur,Banten dan DKI Jakarta

Editor: Irfani Rahman
SHUTTERSTOCK/CHOKCHAI POOMICHAIYA
Ilustrasi hujan lebat disertai angin kencang akibat cuaca ekstrem pada hari ini Sabtu 1 Oktober 2022. termasuk Kalsel, Jabar, Jatimm Banten dan DKI Jakarta 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Berikut ini Prakiraan Cuaca hari ini Sabtu 1 Oktober 2022. BMKG beri peringatan dini tentang cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia.

Masih dari situs BMKG, disebutkan cuaca Kalimantan Selatan berpotensi diguyur hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Tak hanya itu BMKG memberikan peringatan dini sejumlah wilayah termasuk Jawa Timur, Banten Jawa Barat serta DKI Jakarta.

Dimana sebanyak 26 wilayah berpotensi diguyur hujan lebat disertai angin kencang dan petir

Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera dan di Teluk Tomini.

Baca juga: Jadwal Acara TV Hari Ini, Ada Amanda Manopo dan Arya Saloka di RCTI Serta Jackie Chan di Trans 7

Baca juga: Anggota DPRD Bantul Ditahan, Ini Kata Polisi Tentang Kasusnya

Hal itu membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di perairan barat Sumatera, dari Sumatera Utara hingga perairan sebelah barat Bengkulu, dari Sumatera Selatan hingga perairan sebelah barat Bengkulu, di Selat Karimata bag utara, di Kalimantan Barat, di Kalimantan Tengah, di Kalimantan Barat bag utara, di Kalimantan Utara, di Sulawesi Tengah dan dari Jawa Timur hingga Jawa Barat.

Daerah konvergensi lain memanjang di Kalimantan Timur, di Kalimantan Selatan, di NTB bag selatan, di NTT bag timur, di Sulawesi bag tengah, dari Maluku hingga Maluku Utara, dan dari Papua hingga Papua Barat, daerah belokan angin (shear) terpantau di Laut Natuna, di Sumatera bag selatan dan di Kalimantan Utara serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Laut Jawa, di Selat Makassar dan di perairan sebelah barat daya Banten.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/shear/konfluensi tersebut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah:

• Aceh

• Sumatera Utara

• Sumatera Barat

• Riau

• Kep. Riau

Baca juga: Awalnya Tegar Saat Akan Ditahani, Air Mata Putri Candrawathi Justru Tumpah Saat Beri Pesan ke Anak

Baca juga: Amalan di Bulan Rabiul Awal, Buya Yahya Imbau Perbanyak Shalawat untuk Rasulullah SAW

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved