Kemenkumham Kalsel

Turut Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Kanwil Kemenkumham Kalsel Gelar Upacara

Kanwil Kemenkumham Kalsel Gelar Upacara Hari kesaktian pancasila mengusung tema Bangkit Bergerak Bersama Pancasila.

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Eka Dinayanti
humas Kanwil Kemenkumham Kalsel
Upacara Memperingati Hari Kesaktian Pamcasila di Kanwil Kemenkumham Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan menggelar kegiatan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu (1/10/2022).

Kegiatan ini dipimpin oleh Inspektur Upacara, yakni Kepala Kantor Wilayah, Lilik Sujandi dan bertindak sebagai Komandan Upacara, Kepala sub BIdang Intelijen keimigrasian, Agustinus Appono.

Upacara yang dilangsungkan mulai pukul 7.30 Wita ini bertempat di Lapangan Upacara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan yang diikuti oleh peserta dari jajaran Kantor Wilayah (Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrastor, Pejabat Pengawas, JFT, JFU) dan para pegawai Unit Pelaksana Teknis (Lapas Kelas IIA Banjarmasin dan Bapas Kelas I Banjarmasin).

Hari kesaktian pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober ini mengusung tema Bangkit Bergerak Bersama Pancasila.

Peringatan ini bertujuan untuk meneguhkan Pancasila sebagai ideologi utama bangsa Indonesia.

Hari kesaktian pancasila adalah hari nasional dan diperingati setelah peristiwa gerakan 30 September 1965 atau yang lebih dikenal sebagai G30S.

Hari Nasional ini diperingati dengan upacara Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di tingkat pusat, daerah, satuan pendidikan, Kementerian maupun Lembaga.

Urutan dan pedoman pelaksanaan upacara Hari Kesaktian Pancasila 2022 di tingkat daerah diantaranya penghormatan umum kepada Inspektur Upacara, dipimpin oleh Komandan Upacara, laporan Komandan Upacara, mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara, pembacaan Teks Pancasila, pembacaan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, pembacaan naskah ikrar, pembacaan doa dan Andhika Bhayangkari.

Upacara berlangsung dengan khidmat dan dilaksanakan secara sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19. (aol)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved