Kalsel Bergerak

Dibuka Wagub Kalsel Muhidin, Keindahan Foto Geopark Meratus Dipamerkan di Jakarta

Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin secara resmi membuka Pameran foto Geopark Meratus Menuju Dunia di Galeri Foto Jurnalistik Antara Jakarta Pusat

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Hari Widodo
Biro Adpim Setdaprov Kalsel
Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin secara resmi membuka Pameran foto Geopark Meratus Menuju Dunia di Galeri Foto Jurnalistik Antara Jakarta Pusat, pada Selasa (4/10/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA – Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin secara resmi membuka Pameran foto Geopark Meratus Menuju Dunia di Galeri Foto Jurnalistik Antara Jakarta Pusat, pada Selasa (4/10/2022).

Pada acara pembukaan tersebut, tampak hadir dihadiri Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Ekonomi dan Pembangunan Dr.Drs.La Ode Ahmad P, Koordinator Strategis Pengembangan Geopark Nasional Bappenas Togu Pardede.

Kemudian ada perwakilan Kementerian ESDM Aditya Dinto, Direktur Utama LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat, Direktur Pemberitaan LKBN Antara Ahmad Munir, Direktur Komersil LKBN Antara Hempi N Prajudi,

Sedangkan dari Pemprov Kalsel hadir pula Wakil Ketua Badan Pengelola Geopark Meratus Nurul Fajar Desira serta
Kepala Dinas Kominfo Prov Kalsel Muhamad Muslim.

Pameran foto kemegahan Geopark Meratus yang diabadikan lewat lensa fotografer handal ini menampilkan berbagai keindahan alam flora dan fauna.

Selain itu, foto-foto yang dipamerkan itu telah melalui proses kurasi yang ketat.

Dimana, dari 47 frame foto, 25 diantaranya merupakan karya pemenang dan nominator lomba foto Geopark Meratus yang pemenangnya telah diberikan penghargaan dan hadiah oleh Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor.

Sedangkan, 22 frame foto lainnya diantarnya adalah potret karya fotografer Badan Pengelola Geopark Meratus.

Wakil Gubernur Kalsel H. Muhidin dalam sambutannya menyampaikan, saat ini Geopark Meratus tengah mengajukan diri untuk menjadi Unesco Global Geopark.

Berbagai persiapan telah dilakukan diantaranya terus melakukan kajian ilmiah Geopark Meratus, pembuatan rencana induk pengembangan Geopark Meratus.

Selain itu juga upaya pembangunan jejaring dan kerjasama dengan para pihak. Termasuk akademisi, media massa, pengusaha serta berbagai komunitas.

“Kami juga tengah menyempurnakan dokumen (dossier) sebagai usulan pengajuan menjadi anggota Unesco Global,” jelas Wagub Muhidin.

Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin secara resmi membuka Pameran foto Geopark Meratus Menuju Dunia di Galeri Foto Jurnalistik Antara Jakarta Pusat, pada Selasa (4/10/2022).
Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin secara resmi membuka Pameran foto Geopark Meratus Menuju Dunia di Galeri Foto Jurnalistik Antara Jakarta Pusat, pada Selasa (4/10/2022). (Biro Adpim Setdaprov Kalsel)

Muhidin juga menyebut, diantara 19 geopark yang ada di Indonesia (6 geopark berstatus internasional dan 13 geopark berstatus nasional), Geopark Meratus telah ditetapkan menjadi Geopark Nasional pada 29 November 2018 lalu sekaligus sebagai Geopark Nasional pertama di Kalimantan.

“Kami masyarakat Kalsel merasa bangga memiliki warisan geologi yang mendunia. Pegunungan Meratus dikenal sebagai hamparan Ofiolit tertua di Indonesia yang mana kawasan ini meliputi 25 persen luas wilayah Kalsel serta menyimpan kekayaan flora dan fauna,” terang Muhidin. (Aol/*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved