DPRD Kotabaru

Komisi II DPRD Kabupaten Kotabaru Minta Eksekutif Segera Bentuk Tim Pembebasan Lahan

Ketua Komisi II DPRD Kotabaru, Awaludin, minta pemkab, Dishub, Disperkim lakukan antisipasi di Tanjakan Baharu agar tak terjadi lagi kecelakaan maut.

Penulis: Herliansyah | Editor: Alpri Widianjono
istimewa
Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotabaru, Awaludin, SHut. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Ketua Komisi II DPRD Kotabaru Awaludin, SHut, angkat bicara soal kecelakaan lalu lintas terjadi di jalan Tanjakan Baharu.

Dalam musibah di Desa Batuah, Kecamatan Pulaulaut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (4/10/2022), itu, menewaskan dua orang pengendara.

Dua orang yang menaiki sepeda motor meregang nyawa di lokasi kejadian akibat tertindih truk yang bermuatan 8 ton semen yang terguling di tanjakan.

Sebagaimana diketahui, ada beberapa indikator penyebab mobil angkutan terguling di tanjakan tersebut.

Selain sempit, pun jalan tanjakan sangat curam dan berbelok-belok. Medan ini menyulitkan kendaraan bermuatan berat memantau kecepatan.

Karena itu, Awaludin SHut mendukung antisipasi dilakukan petugas Dishub Kotabaru melakukan pengawasan kendaraan bermuatan berat akan melintas di tanjakan tersebut.

Di antaranya, pengaturan jam dari pukul 06.00 sampai 17.00 Wita mobil angkutan boleh melintas di kawasan itu.

Selain itu, Awaludin SHut juga mendorong proses pembebasan lahan rencana pelebaran jalan yang dilakukan Pemkab Kotabaru melalui Disperkim.

Ia berharap pembebasan lahan warga atau rumah yang terkena pelebaran jalan secepatnya bisa dituntaskan agar tidak menjadi kendala saat mulai dilakukan kegiatan pelebaran.

"Saya minta secepatnya pembebasan dilakukan. Agar tidak terjadi lagi kecelakaan," tegas Awaludin SHut, Rabu (5/10/2022).

Ia juga meminta kepada pihak eksekutif atau Disperkim Kotabaru, segera membentuk tim terkait pembebasan lahan. Sehingga pelebaran jalan secepatnya bisa dilaksanakan. 

"Saya juga ucapkan terima kasih kepada salah satu LSM (Lembaga Sosial Masyarakat) yang selalu mengingatkan kami, soal pembenahan jalan," pungkas Awaludin. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved