HST MUDA Makmur Unggul Dinamis

Temu Teknis Penyuluh Pertanian se HST, Bupati HST Berikan Semangat dan Motivasi

Bupati HST Berikan Semangat dan Motivasi pada acara Temu Teknis Penyuluh Pertanian se HST

Penulis: Hanani | Editor: Hari Widodo
Prokompim HST
Penyerahan alat mesin pertanian kepada perwakilah kelompok tani oleh Bupati HST H Aulia Oktafiandi, pada Temu Penyuluh se HST di Aula Kantor Dinas Pertanian HST, Kamis (6/10/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi menyebut,  peran penyuluh pertanian sebagai fasilitator, motivator dan sebagai pendukung gerak usaha petani merupakan titik sentral.

Khususnya  dalam memberikan penyuluhan kepada petani. Proses penyelenggaraan penyuluhan pertanian dapat berjalan dengan baik dan benar jika didukung tenaga penyuluh yang profesional.

Untuk itu, penyuluh pertanian diminta terus melakukan upaya peningkatan kapasitas dan kompetensi sebagai penyuluh. Sebab akan berpengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan penyelenggaraan penyuluhan pertanian.

Menurut Aulia, salah satu ciri pertanian modern adalah menggunakan alat mesin pertanian, dari hulu hingga hilir.

“Dengan cara ini peningkatan produksi bisa dilakukan , karena alat mesin pertanian mampu menekan kerugian dan membuat proses bertani menjadi lebih efisien,” kata Bupati saat membuka Temu Teknis dan FGD Penyuluh Pertanian Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Tengah di Aulia Dinas Pertanian, Kamis (6/10/2022).

Penyerahan alat mesin pertanian 1
Penyerahan alat mesin pertanian kepada perwakilah kelompok tani oleh Bupati HST H Aulia Oktafiandi, pada Temu Penyuluh se HST di Aula Kantor Dinas Pertanian HST, Kamis (6/10/2022).

Bupati pun berharap Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang diberikan kepada kelompok tani atau calon penerima, dapat dipergunakan sebaik-baiknya oleh para petani.

Menjadi semangat agar terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian di HST.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pertanian Budi Satrya Tanjung melaporkan, peserta temu teknis berjumlah 141 orang. Terdiri 116 penyuluh pertanian se HST, 9 pejabat struktural Dinas Pertanian HST dan 16 orang di kelompok tani penerima bantuan Alsintan.

Adapun narasumber, dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kalsel, Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang, Kementerian Pertanian RI dan para pejabat administrator pada Dinas Pertanian HST.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia para penyuluh pertanian agar dapat memberikan pelayanan kepada petani dalam pengembangan usaha tani di HST,”kata Budi.

Bupati HST saat memberikan pengarahan
Bupati HST saat memberikan pengarahan kepada para penyuluh HST terkait pentingnta peran mereka dalam pendampingan petani.

Selain itu, para penyuluh ditargetkan mampu memotivasi tumbuhnya minat pemuda untuk menjadi petani milenial. Mampu mengintegrasikan pertanian dari hulu hingga hilir melalui konsep pertanian skala kecil yang berintegrasi dengan digitalisasi sebagai langkah meregenerasi kaum petani berusia lanjut.

Temu Teknis penyuluh, dirangkai penyerahan Alsintan secara simbolis oleh Bupati HST H Aulia Oktafiandi didampingi Plt Kepala Dinas Pertanian. Alsintan  meliputi 9 unit kendaraan, 4 unit Corn Sheller, 4 unit Power Thresher, 1 unit kendaraan roda tiga dan benih padi Inbrida sebanyak 7.315 kg. (AOL)

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved