Newsvideo

NEWSVIDEO Melihat Penjualan Bibit Jeruk di Pasar Barambai Batola

Eksistensi bibit jeruk siam banjar asal Desa Sungai Kambat, Kecamatan Cerbon, Kabupaten Barito Kuala masih bertahan di Banua Kalimantan Selatan.

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - dinilai unggul, eksistensi bibit jeruk siam banjar asal Desa Sungai Kambat, Kecamatan Cerbon, Kabupaten Barito Kuala masih bertahan di Banua Kalimantan Selatan.

Hal ini tidak lepas dari upaya para pembudidaya yang masih banyak bertahan menggeluti usaha ini, sebagai mata pencaharian.

Di samping itu, permintaan petani juga masih cukup tinggi, terutama di Batola yang kebanyakan lahannya cocok ditanami jeruk.

Disampaikan Syarafudin, pembudidaya sekaligus penjual bibit, ada berbagai varian harga yang dikenakan setiap bibit jeruk yang dijual.

Baca juga: NEWSVIDEO Antusias Warga Ikuti Vaksinasi Hewan di Peringatan Hari Karantina Pertanian di Banjarmasin

Mulai dari 5 ribu rupiah, 10 ribu hingga 15 ribu rupiah oer pohon.

Hal ini tergantung besarnya bibit yang dijual ke pembeli.

"Untuk menjual, ya kalau tidak ada pembeli yang datang ke rumah maka kami turun ke pasar untuk menjualnya," ungkap Syarafudin, saat ditemui di Pasar Senin, Kecamatan Barambai, Senin (10/10/2022).

Warga asal Saka Gunung, Desa Sungai Kambat ini pun menuturkan, saat ini memang permintaan petani masih lumayan tinggi, namun para pembudidaya juga makin banyak.

Jadi mau tidak mau, jika ingin laku dan bertahan maka harus rela mengeluarkan tenaga ekstra menjualnya ke pasar.

Baca juga: NEWSVIDEO Ketersediaan bibit alpukat di Persemaian KPH Balangan

Tidak hanya sekedar menjual ke pelanggan, Syarafudin bersama pedagang bibit lainnya juga dengan senang hati memberikan saran jika pembeli perlu masukan untuk menanam dan merawat jeruk.

Pengetahuan sekilas yang mereka sampaikan ini bukan sekedar omongan belaka, namun rata-rata pelaku usaha pembibitan jeruk juga merupakan petani sendiri.

Jadi lebih berpengalaman dan paham.

( Banjarmasinpost.co.id/MuhammadTabri)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved