Kabar Kampus Politala

Perluas Skill Mahasiswa, Politala Gelar Workshop Kejurnalistikan hingga Ilmu Master Ceremony

Politala menggelar Workshop Kehumasan, Jurnalistik, MC (Master Ceremony), dan Keprotokolan.

Penulis: Idda Royani | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/roy
Direktur Politala Hj Mufrida Zein memukul gong menandai dibukanya Workshop Kehumasan, Jurnalistik, MC (Master Ceremony), dan Keprotokolan di kampus setempat, Jumat (21_10) pagi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Penguatan kapasitas kampus terus dilakukan oleh pihak manajemen Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala).

Termasuk dalam hal komunikasi massa dan kemampuan menulis artikel bagi kalangan mahasiswa setempat.

Berkaitan dengan itu, Jumat (21/10/2022), Politala menggelar Workshop Kehumasan, Jurnalistik, MC (Master Ceremony), dan Keprotokolan.

Kegiatan ini bertempat di lantai 3 Gedung Kuliah Terpadu Muhammad Arsyad Al-Banjari di lingkungan kampus yang berada di kawasan Jalan A Yani Desa Panggung, Kecamatan Pelaihari, itu.

Beberapa narasumber dihadirkan oleh panitia penyelanggara yakni Eka Pratiwi (jurnalis televisi), Roy dari SKH Banjarmasin Post, Endang Sukaisih MC Protokol Pemkab Tala. Lalu, M Najmuel Muttaqin dari kemenag Kalsel, Dr H Sihabuddin Chalid (Dewan Penyantun Politala), dan M Ghalih (Kepala Komite Urusan Internasional Politala).

Direktur Politala Hj Mufrida Zein yang membuka workshop tersebut menegaskan pada era kekinian di tengah pesatnya kemajuan teknologi informasi dan media sosial, kemampuan menulis artikel dan public speaking sangat penting.

"Bahkan intonasi saat kita sedang berbicara di depan publik pun ada ilmunya. Tidak sembarangan, karena hal itu juga cukup berpengaruh terhadap daya serap serap audience," sebutnya.

Cara atau gaya berbicara, cara menerangkan sesuatu hingga cara duduk dan berdiri serta cara berjalan juga ada ilmunya.

"Body language, ini pun begitu penting ketika kita berdiri di depan banyak orang, apalagi sedang menyampaikan informasi, apalagi materi penting," tandas Mufrida.

Tak kalah penting yakni skill menuangkan pikiran atau gagasan ke dalam sebuah tulisan atau artikel.

Pasalnya, bahasa lisan dan bahasa tulisan merupakan dua sisi yang berbeda sehingga harus menguasai teknik dalam menulis.

Karena itu pentingnya digelar Workshop Kehumasan, Jurnalistik, MC (Master Ceremony), dan Keprotokolan guna memperluas skill mahasiswa maupun tenaga kependidikan kampus agar memiliki kemampuan memadai dalam membikin artikel, rilis berita hingga kemampuan menjadi host atau MC.

Panitia Pelaksana, Midun, menyebutkan peserta workshop sekitar 80 orang.

Sebagian besar adalah mahasiswa yakni 67 orang dan selebihnya dari kalangan tenaga kependidikan kampus Politala.

Melalui workshop tersebut juga diharapkan dapat memberi bekal keterampilan tambahan, memberi bekal keterampilan tambahan bagi dosen atau staf tenaga pendidik Politala.
"Terutama bagi mahasiswa," tandasnya.

Apalagi pada kegiatan workshop peserta mendapatkan ilmu praktik secara langsung pada bidang kehumasan, jurnalistik, MC, dan protokoler. Ini sama juga dengan kuliah," sebut Midun. (AOL)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved