Berita Balangan

Tak Bisa Terapkan ETLE, Satlantas Polres Balangan Gencarkan Patroli dan Imbauan Kepada Pengendara 

Sejak diberlakukannya sistem ETLE di Kalsel, wilayah Kabupaten Balangan menjadi satu Kabupaten yang belum bisa kebijakan tilang elektronik tersebut

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Bundaran Paringin yang merupakan pusat perkotaan dan lokasi ramainya lalu lintas di Balangan, Kamis (27/10/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN -  Sejak diberlakukannya sistem Electronic Traffic Law Enforcement  (ETLE) di Kalsel, wilayah Kabupaten Balangan menjadi satu kabupaten yang belum bisa menerapkan metode tilang elektronik tersebut.

Ketidaan fasilitas pendukung berupa kamera pemantau membuat kebijakan Kapolri Ini belum bisa diberlakukan.

Meski demikian, sebagai bentuk pencegahan dan meminimalisir kecelakaan lalu lintas, patroli oleh Satlantas Polres Balangan pun digencarkan. 

"Sekarang kami memang tidak boleh melakukan razia atau tilang di tempat. Kami mendapatkan instruksi dari Kapolri tentang memaksimalkan tilang dengan kamera elektronik atau ETLE," kata Kasatlantas Polres Balangan, AKP Imam Suryana, Kamis (27/10/2022).

Baca juga: Laksanakan Perintah Kapolri, Penindakan Tilang di Kalsel Memaksimalkan 16 Kamera ETLE

Baca juga: NEWS UPDATE Kapolri Instruksikan Polantas Tilang Pakai Sistem ETLE

Baca juga: ETLE Dit Lantas Polda Kalsel Catat 417,702 Pelanggaran, Terbanyak Tak Pakai Sabuk Pengaman

Tak ia pungkiri, ETLE tidak bisa dilaksanakan di Balangan mengingat sarana dan prasarananya yang tidak dimiliki.

Terlebih sistem ETLE yang menggunakan kamera dan di pasang pada perempatan jalan atau lampu lalu lintas, belum ada di Balangan. 

"Namun kendala ini bukan menjadi kelemahan karena kami tetap melakukan tindakan agar tidak terjadinya pelanggaran lalu lintas," terang AKP Imam. 

Pihaknya aktif melakukan pengawasan terhadap pengendara melalui unit patroli pada jam rawan pelanggaran dan daerah yang sering terjadi pelanggaran lalu lintas. Di antaranya di Paringin, Batumandi, dan arah Halong, Juai,  Lampihong serta perbatasan.

AKP Imam juga menyampaikan, selama ini pengendara di Balangan lebih takut pada petugas dibanding aturan. Namun, pihaknya tetap memaksimalkan upaya untuk meminimalisir terjadinya laka lantas. 

Baca juga: Tilang Elektronik Menurut Akademisi FH ULM Kalsel Daddy Fahmanadie untuk Menekan Pungli

Baca juga: Lebih Separuh Pelanggar Lalu Lintas di Banjarmasin Belum Bayar Denda Tilang Elektronik

Bahkan Satlantas Polres Balangan juga telah memiliki program ke sekolah untuk mengedukasi para siswa serta menyentuh lapisan masyarakat agar selalu taat dalam aturan berlalu lintas, baik dalam hal penggunaan helm maupun kelengkapan administrasi berkendara. 

Dari upaya yang sudah dilaksanakan oleh Satlantas Polres Balangan, AKP Imam menerangkan persentase ketaatan pengendara sudah mencapai 75 persen. Bahkan kalau pagi, hampir 100 persen pengendara dapat tertib lalu lintas.

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved