PT Arutmin Indonesia

Arutmin Bersama PAMA Fasilitasi Pelatihan Kelembagaan Keuangan Koperasi

PT Arutmin Indonesia dan PT Pamapersada bekerjasama dengan Dinas Koperasi UKM mengadakan “Pelatihan Kelembagaan Keuangan Koperasi

Editor: Eka Dinayanti
PT Arutmin Indonesia
Pelatihan Kelembagaan Keuangan Koperasi diselenggarakan PT Arutmin 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) bidang Pembentukan Kelembagaan Komunitas Masyarakat Dalam Menunjang Kemandirian PPM, PT Arutmin Indonesia Tambang Satui dan PT Pamapersada Nusantara Distrik ARIA melalui Satui Community center (SCC) bekerjasama dengan Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan “Pelatihan Kelembagaan Keuangan Koperasi”. Pelatihan tersebut berlangsung selama 2 hari dari 24-25 Oktober 2022.

Dalam pembukaan pelatihan tersebut turut hadir perwakilan PT Arutmin Indonesia, Aries Dwi Saputera, perwakilan PT Pama Persada Nusantara Distrik Aria, Faris Fikardian, dan Kepala Bidang Koperasi dan UKM Kabupaten Tanah Bumbu Aidil Adha S.P serta Kasi Penilaian Kesehatan USP dari Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Selatan Fitriyadi, SE., MM sekaligus sebagai pemateri.

Pelatihan ini diikuti oleh 16 peserta dari berbagai koperasi (koperasi Satui Mitra Lestari, koperasi Kintap Mandiri Sejahtera, Koperasi Pamandiri Pama, BMT Al-Falah dan BMT Agro Banua).

Pelatihan Kelembagaan Keuangan Koperasi diselenggarakan PT Arutmin
Pelatihan Kelembagaan Keuangan Koperasi diselenggarakan PT Arutmin
(PT Arutmin Indonesia)

Adapun tujuan dari pelatihan ini agar Pengawas, Pengurus, Pengelola, dan Anggota Koperasi dapat lebih mengetahui Kelembagaan Koperasi yang baik, dan dapat membuat Laporan Keuangan Koperasi sesuai dengan Ketentuan di koperasi sehingga menjadi sehat.

Pada hari pertama, diberikan materi terkait dasar hukum dan penerapannya pada masing-masing koperasi.

Setiap koperasi diminta mengkaji undang-undang No 25 Tahun 1992 dan dicocokkan dengan penerapannya pada koperasi yang dijalankan, lalu diberikan evaluasi terkait perbaik-perbaikan yang perlu dilakukan dengan bimbingan langsung oleh pelatih.

Selanjutnya, di hari kedua diberikan materi terkait pencatatan keuangan yang sesuai dengan undang-undang dengan pemberian materi dan kemudian langsung diterapkan pada kondisi masing-masing koperasi.

Peserta dibimbing dan dilatih untuk melakukan pencatatan akuntansi keuangan koperasi yang sesuai dengan undang-undang.

Salah satu peserta pelatihan, Siti Hajar (pengurus koperasi Kintap Mandiri Sejahtera), berharap pelatihan seperti ini harus terus dilaksanakan dengan berbagai macam materi terkait perkoperasian.
“Pelatihan ini sangat bermanfaat sekali, karena hakikatnya ilmu yang didapat akan terus berkembang, sehingga pelatihan seperti ini dapat memberikan update dan membuka wawasan lebih luas lagi. Dengan adanya pelatihan ini juga terjalain silaturahmi yang baru dan pengetahuan yang meningkat," ujarnya. (aol)

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved