Btalk

BTalk : Lulusan UT Siap Dengan Pemerintahan Berbasis Elektronik 

Kesiapan SDM dan Desa Dalam Mendukung Kalimantan Selatan Sebagai Pintu Gerbang Ibu Kota Negara (IKN)

Penulis: Milna Sari | Editor: Hari Widodo
capture Youtube BPost
UT siapkan SDM dukung Kalsel sebagai pintu gerbang IKN. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Universitas Terbuka (UT) Banjarmasin Senin (24/10/2022) menggelar seminar akademik yang diikuti ratusan peserta.

Temanya "Kesiapan SDM dan Desa Dalam Mendukung Kalimantan Selatan Sebagai Pintu Gerbang Ibu Kota Negara (IKN)”. Apa lagi yang akan dilakukan UT untuk meningkatkan SDM Kalsel?

Untuk membahasnya, B-Talk Banjarmasin Post Bicara Apa Saja mengundang Ketua Senat Universitas Terbuka Pusat Prof Dr Chanif Nurcholis M.Si serta Ketua Ikatan Alumni UT Banjarmasin Drs Ahmad Mawarni M.Pd, yang juga Staf Ahli Bupati Kabupaten Baritokuala.

Ikuti perbincangan bersama Jurnalis Banjarmasin Post Group Khairil Rahim ini di akun Youtube Banjarmasin News Video, Instagram Banjarmasin Post dan Facebook BPost Online. Wawancara juga akan ditampilkan di Koran Bpost dan banjarmasinpost.co.id.

Seberapa penting gelaran seminar Kesiapan SDM dan Desa Dalam Mendukung Kalimantan Selatan Sebagai Pintu Gerbang Ibu Kota Negara (IKN)?

Prof Dr Chanif Nurcholis : Dalam struktur pemerintahan yang paling bawah dan paling ujung adalah pemerintahan desa. Tingkatan ini  yang sebetulnya langsung berhubungan dengan rakyat. Kalau di atas itu kan masih menggantung, artinya dia tidak langsung berhubungan dengan rakyat.

Dari sisi organisasi pemerintahan maka memang Pemerintah desa itu yang langsung berhadapan dengan rakyat, karena itu logikanya pemerintah Desa itu yang paling tahu keadaan rakyat Indonesia yang sebenarnya, karena sehari-hari itu mereka bekerja bersama rakyat, dan tahu kegiatan rakyat, pekerjaan, tingkat sekolahnya sampai di mana.

Jadi pemerintah desa lah ujung tombak untuk mensejahterakan dan mencerdaskan rakyat.

Apakah berlaku untuk semua desa atau desa yang berada terdekat dengan IKN?

Prof Dr Chanif Nurcholis : semua ya, sebaiknya pemerintah membuat kebijakan afirmasi dan pemkab, untuk memberikan keberpihakan dengan desa di Kalsel, Kaltim dan Kaltara untuk didukung melebihi desa-desa lain untuk mendukung IKN. Agar IKN benar-benar didukung dengan SDM yang baik yang disetorkan oleh desa.

Apa bentuk dukungan UT untuk mendukung kesiapan desa menghadapi IKN?

Prof Dr Chanif Nurcholis : UT bergerak bergerak di bidang pengembangan SDM khususnya adalah untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan. Jadi UT memang sangat strategis baik sendirian, maupun berkolaborasi.

Tapi tentu yang akan lebih efektif hasilnya itu kalau berkolaborasi denganikatan alumni, dengan pemerintah Desa sendiri, dengan Pemerintah kabupaten kota, dan dengan pemerintah provinsi. Selain itu juga dengan para korporasi-korporasi.

Bagaimana menurut bapak sebagai Ketua Ikatan Alumni UT apakah UT sudah menyentuh hingga ke desa?

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved