Banjarmasin Baiman

Peringati Hari Sumpah Pemuda 2022, Wali Kota Banjarmasin Kenakan Busana Adat Banjar

Pemko Banjarmasin menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 dengan mengangkat tema "Bersatu Bangun Bangsa"

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
FB Pemko Banjarmasin
Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengenakan pakaian adat Banjar pada upacara Sumpah Pemuda di Balai Kota. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 dengan mengangkat tema "Bersatu Bangun Bangsa" , bertempat di halaman Balai Kota Banjarmasin, Jalan RE Martadinata, Jumat (28/10/2022).

Adapun yang menjadi pembina upacara tersebut yaitu Ketua Pengadilan Negeri Banjarmasin, Rustanto, S.H., M.H dan diikuti oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina bersama sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin serta Pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Banjarmasin.

Rustanto menyampaikan, amanah dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali kepada seluruh peserta upacara bahwa peringatan Sumpah Pemuda kali ini mengangkat tema "Bersatu Bangun Bangsa" yang bermakna bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi Bangsa Indonesia. 

"Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa. Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah," ucap Rustanto.

Menurutnya, pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. 

Dia melanjutkan, mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya. Memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.

"Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa," kata Rustanto.

Sementara itu, H Ibnu Sina mengungkapkan upacara peringatan tersebut dipangku oleh Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Banjarmasin dengan konsep memakai pakaian adat daerah yang menggambarkan bahwa satu tumpah darah, satu nusa, satu bangsa dan juga satu bahasa.

"Ya ini peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 semoga pemuda Indonesia bisa mengambil peran dalam pembangunan, tentu tantangan kedepannya tidaklah mudah. Tapi insyaallah saya yakin pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan," harap H Ibnu Sina

"Mudah-mudahan Kota Banjarmasin tetap menjadi Kota layak pemuda sehingga pemuda bisa menjadi pemimpin di masa depan," pungkasnya.(AOL)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved