Banjarmasin Baiman

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina Launching Simtaru

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dan wakilnya, H Arifin Noor, meresmikan Sistem Informasi Tata Ruang (Simtaru) milik Dinas PUPR.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Alpri Widianjono
PEMKO BANJARMASIN
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina melaunching Simtaru, Senin (31/10/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) me-Launching Sistem Informasi Tata Ruang ( Simtaru), Senin (31/10/2022).

Kegiatan di Galaxy Hotel ini dilaunching Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, didampingi Wakil Wali Kota Banjarmasin H Arifin Noor.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Banjarmasin, Ikhsan Budiman bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banjarmasin.

Wali Kota H Ibnu Sina menyampaikan, hadirnya Simtaru bertujuan untuk mengakomodasi keterbukaan informasi kepada publik.

Sekaligus, memberi pelayanan yang prima tentang tata ruang terhadap masyarakat khususnya di Kota Banjarmasin

Terlebih Simtaru juga merupakan bagian dari pengembangan program Smart City Banjarmasin yang kini tengah diwujudkan. 

"Saya sudah coba dan informasinya sangat detail. Kehadiran Simtaru ini bisa diakses dalam satu genggaman saja (handphone), juga bisa melalui laptop maupun PC. Selama ada internet yang cepat tata ruang di Banjarmasin dapat terangkum dan sudah ada peruntukkannya," ucapnya. 

Informasi mengenai pertanian, perumahan, termasuk juga informasi fasilitas publik, umum, jumlah menara telekomunikasi, juga bisa diakses di situ.

Ia menilai, Simtaru sangat informatif sehingga diharapkan dapat mengurangi pekerjaan dari Dinas PUPR Banjarmasin maupun pihak pengembang.

Kehadiran Simtaru juga akan meningkatkan nilai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Hal tersebut juga akan mendukung progres Smart City Banjarmasin. 

"Ini bagian dari inovasi kita. Jadi yang pasti, ini bisa membuat nilai SPBE kita naik," jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Banjarmasin, Ir Suri Sudarmadiyah, membeberkan, Simtaru difungsikan untuk mempermudah setiap orang mengetahui pola ruang yang ada di Kota Seribu Sungai. 

Selain itu, Simtaru akan senantiasa menyesuaikan dengan kondisi terkini yang ada di Kota Banjarmasin.

Ditambahkan, Simtaru yang dilaunching pada hari ini memang harus dilakukan update secara berkala.

Diharapkannya, baik itu mengenai kegiatan usaha maupun kegiatan pembangunan ke depan, dapat mengacu pada Simtaru yang telah hadir di genggaman masing-masing. 

"Mungkin nanti paling meminta validasi terlebih dulu ke Dinas PUPR Banjarmasin dalam prosesnya. Paling tidak, kehadiran Simtaru bisa membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan efisien," tutupnya. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved