MotoGP 2022

Peran Valentino Rossi dalam Keberhasilan Bagnaia Jadi Juara Dunia MotoGP 2022

Nama Valentino Rossi tak bisa dilepaskan dalam keberhasilan Francesco Bagnaia meraih gelar juara dunia MotoGP 2022.

Editor: Rahmadhani
MotoGP.Com
Valentino Rossi dan Francesco Bagnaia 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Nama Valentino Rossi tak bisa dilepaskan dalam keberhasilan Francesco Bagnaia meraih gelar juara dunia MotoGP 2022.

Bagnaia memastikan diri sebagai juara dunia MotoGP 2022 usai finis ke-8 di GP Valencia 202, Minggu (6/11/2022) malam WIB.

Hasil MotoGP Valencia 2022 itu sudah cukup bagi Bagnaia yang minimal perlu mencatat finis ke-14 untuk mereburt gelar juara dunia dari Fabio Quartararo.

Kesuksesan Bagnaia menjadi juara MotoGP 2022 jelas menghadirkan kebahagiaan luar biasa bagi VR46 Academy, akademi balap milik Valentino Rossi.

Ya, Bagnaia merupakan jebolan akademi balap VR46 milik legenda hidup MotoGP sekaligus pengoleksi 9 titel juara dunia, Valentino Rossi.

Baca juga: Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2022! Hasil MotoGP Valencia 2022 Hari ini, Saling Senggol dengan Fabio

Melintasi sirkuit dirt track kompleks Ranch milik Rossi di Tavullia, Italia, sudah jadi bagian dari rutinitas Bagnaia pada masa silam.

Dalam latihan tersebut, Bagnaia belajar mengendalikan motor dengan daya cengkeram yang minim.

Tak sia-sia Bagnaia menempa diri di akademi VR46 Valentino Rossi. Ia kini menjadi lulusan pertama akademi VR46 yang tampil sebagai juara dunia MotoGP.

“Hal yang bagus melihat Vale ada di sini, itu membantu saya dan anak-anak lain dari akademi,” kata Bagnaia jelang MotoGP Valencia 2022, soal kehadiran langsung Rossi di arena.

“Dia tahu betul bagaimana cara mengatasi situasi ini dan akan membantu saya sebagai seorang pelatih sesungguhnya,” tutur Bagnaia soal sang mentor sebelum turun membalap di MotoGP Valencia.

Pada akhirnya, Bagnaia berhasil memberikan persembahan terbaik untuk sang guru Rossi, yakni titel juara dunia MotoGP 2022.

Kemunculan Bagnaia sebagai juara dunia MotoGP 2022 kian terasa indah karena diiringi sejumlah rekor apik.

Bagnaia bukan cuma berstatus lulusan pertama akademi VR46 yang mampu menyabet titel juara dunia MotoGP 2022.

Pemuda yang akrab disapa Pecco itu juga menjadi pebalap pertama yang di sepanjang sejarah yang mampu tampil sebagai juara dunia kendati sempat tertinggal 91 poin dari sang rival pada perjalanan musim MotoGP 2022.

Bagnaia juga merupakan figur pertama yang bisa mencaplok gelar kampiun kendati dalam perjalanan musim terhitung lima kali gagal menyelesaikan balapan alias DNF.

Fakta penting lain adalah Bagnaia merupakan penerima langsung tongkat estafet kejayaan pebalap Italia di MotoGP dari sang guru, Valentino Rossi.

Ya, sebelum Bagnaia duduk di podium juara dunia MotoGP 2022. orang Italia terakhir yang mampu melakukannya adalah Valentino Rossi, persisnya pada musim 2009.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Bagnaia Juara MotoGP 2022: Sejarah Akademi VR46 Valentino Rossi

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved