Bumi Tuntung Pandang

Warga Kabupaten Tanah Laut Terbantu Layanan Kesehatan dan Kependudukan pada Kegiatan MTP

Kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) di Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut (Tala) beri pelayanan kesehatan dan dokumen kependudukan ke warga.

Penulis: Idda Royani | Editor: Alpri Widianjono
DISKOMINFO KABUPATEN TANAH LAUT
Warga antusias memanfaatkan pelayanan pengurusan dokumen kependudukan pada acara Manunggal Tuntung Pandang (MTP) di Desa Bawah Layung, Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (4/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) hingga kini terus dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Beragam kegiatan yang digelar pada acara mingguan tersebut selalu mendapat animo tinggi dari masyarakat di lokasi acara dan sekitarnya.

Catatan Banjarmasinpost.co.id, Minggu (6/11/2022), antara lain pelayanan publik yang diberikan adalah pemeriksaan  kesehatan dan pelayanan dokumen kependudukan.

Ahmad Khosasi misalnya. Warga Desa Bawah Layung, Kecamatan Kurau, Kabupaten Tala, ini mengaku sangat merasakan manfaat pelayanan kesehatan ketika di kampungnya ada kegiatan MTP pada Jumat kemarin.

Lelaki berusia 42 tahun ini pun termasuk dari sekian warga setempat yang memeriksakan kesehatan pada layanan yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Tanahlaut bersama Puskesmas Padang Luas tersebut.

Khosasi mengungkapkan rasa senangnya mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. "Saya sangat bersyukur dengan adanya pelayanan kesehatan itu. Semoga kegiatan tersebut sering dilaksanakan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Padang Luas, Yuhyil Husna, menjelaskan, antusias warga cukup tinggi pada kegiatan pelayanan pengobatan gratis pada gelaran MTP tersebut.
 
Pelayanan kesehatan yang diberikan, bebernya, berupa pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM), gula darah, kolesterol.

Ada pula sunat masal dan pemasangan Implan KB yang bekerja sama dengan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tala.

Pelayanan kesehatan  di wilayahnya berjalan secara lancar. Namun, belum bisa memberikan pelayanan secara maksimal. Mengingat, Puskesmas Padang Luas terkendala keterbatasan tenaga kesehatan.

Ungkapan senada diutarakan Ahmat Basit, warga Bawah Layung, sangat terbantu dengan adanya pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) erkait penerbitan dan pembaharuan dokumen kependudukan.

Dirinya memanfaatkan layanan pengurusan pembuatan akte kelahiran, perbaikan status pada e-KTP, dan kartu keluarga baru. "Alhamdulillah, tidak perlu ke Pelaihari lagi, ini sangat membantu," ucapnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tala karena telah menggelar kegiatan pelayanan sampai hingga ke desa. Ia berharap kegiatan pelayanan sampai ke desa-desa dapat terus dilakukan. 

Pada kesempatan ini bupati secara simbolis juga menyerahkan beberapa dokumen kependudukan kepada dua keluarga dari Desa Bawah Layung Kecamatan Kurau. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved