Banjarbaru Juara

Tekan Angka Kasus Stunting, Pemko Banjarbaru Tambah Tujuh Kampung Keluarga Berkualitas

Kampung Keluarga Berkualitas yang ada di Kota Banjarbaru sejak tahun 2019 sudah terbentuk 7 Kampung KB salah satunya sudah kategori Paripurna

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Hari Widodo
Diskominfo Banjarbaru
Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono saat menghadiri peluncuran Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) di Kampung Keluarga Berkualitas, Posyandu Seroja Loktabat Utara 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KGPMP2A) berkolaborasi dengan BKKBN Provinsi Kalsel, terus berupaya untuk menurunkan stunting di Kota Idaman.

Berbagai cara yang dilakukan dalam penanganan dan pencegahan ini, salah satunya dengan penguatan kemitraan dan pemberdayaan masyarakat.

Selain itu juga peluncuran Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat), di Kampung Keluarga Berkualitas, Posyandu Seroja Jl Ramania, Kelurahan Loktabat Utara, Selasa (8/11/2022).

Terselenggaranya kegiatan itu guna memperkuat keluarga, untuk pencegahan stunting.

Sebab menurut Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono, keluarga merupakan pilar suatu bangsa sebagai unit sosial ekonomi terkecil dalam masyarakat, yang merupakan landasan dasar dari semua institusi masyarakat dan negara.

Sehingga menurutnya lagu, kunci peningkatan sumber daya manusia berawal dari kualitas keluarga.

"Melalui kegiatan ini Pemerintah Kota Banjarbaru terus berupaya untuk saling bersinergi, bergandengan tangan dan bekerja sama dalam menjalankan program Kampung KB guna menurunkan angka stunting di Banjarbaru," katanya.

Wartono berharap adanya perhatian dari SKPD ataupun para mitra terkait program Kampung KB di Kelurahan Loktabat Utara, agar dapat meningkatkan pemberdayaan dan memperkuat keluarga.

"Kegiatan ini tidak hanya sampai di sini saja, namun harus tetap berusaha agar tujuan utama dari program ini dapat tercapai dengan baik, salah satunya turunnya angka stunting di Kota Banjarbaru," ujarnya.

Sementara itu, Kepala DP2KGPMP2A Kota Banjarbaru Sri Lailana menyampaikan, Kampung Keluarga Berkualitas yang ada di Kota Banjarbaru sejak tahun 2019 sudah terbentuk 7 Kampung KB salah satunya sudah kategori Paripurna.

"Yang dimaksud Kampung KB ketegori Paripurna adalah Kampung Keluarga Berkualitas Kelurahan Landasan Ulin Utara, Kecamatan Liang Anggang. Selanjutnya yang lain dalam tahap pengembangan," jelasnya.

Sri juga mengatakan, pada tahun 2022 ini sudah menetapkan tambahan 6 Kampung KB berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Banjarbaru.

"6 di antaranya, Kampung KB Kelurahan Landasan Ulin Tengah, Kelurahan Landasan Ulin Timur, Kelurahan Sungai Ulin, Kelurahan Palm dan Kelurahan Bangkal serta Kelurahan Guntung Paikat," terangnya. (AOL/*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved