Berita Banjarmasin

Antisipasi Balap Liar dan Gangguan di Jalan Raya, Satlantas Polresta Banjarmasin Patroli di 19 Titik

Mengantisipasi balap liar di jalan raya, Satlantas Polresta Banjarmasin melaksanakan patroli atau plotting di sejumlah titik

Penulis: Noor Masrida | Editor: Hari Widodo
HUMAS POLRESTA BANJARMASIN
Ilustrasi-Anggota Satlantas Polresta Banjarmasin melakukan patroli rutin guna mencegah terjadinya aksi balap liar, Rabu (20/4/2022) malam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Salah satu gangguan keamanan di jalan raya adalah adanya aktivitas balap liar

Mencuri-curi waktu, kegiatan ini biasanya dilakukan sekumpulan remaja yang kebut-kebutan di jalan raya sehingga hal ini sangat membahayakan pengendara lainnya. 

Mengantisipasi gangguan di jalan raya, seperti ini, Satlantas Polresta Banjarmasin melaksanakan Plotting atau patroli di sejumlah titik. 

“Sesuai perintah Komando atas kita lakukan plotting baik di pagi hari, siang, maupun malam hari, khususnya di lokasi rawan kemacetan dan lokasi keramaian masyarakat, ” ucap Kasat Lantas Polresta Banjarmasin, Kompol M Noor Chaidir beberapa waktu lalu. 

Baca juga: Ramai di Medsos Balap Liar Berujung Adu Jotos di Banjarbaru, Begini Respons Polisi

Baca juga: Terlibat Balap Liar di Kawasan Rantau Baru, Ratusan Pengendara Motor Digiring Ke Mapolres Tapin

Kasat menegaskan, adapun program khusus yakni penindakan terkait kriminalisasi yang saat ini kian meresahkan termasuk balapan liar.

“Saya tegaskan kepada para muda-mudi yang apabila melakukan aksi balapan liar, tidak ada keringanan sedikitpun, sepeda motor yang terjaring enam bulan setelahnya baru akan kami kembalikan,” tegas Kasat lantas.

Selain itu, pihaknya juga melibatkan semua satuan fungsi dan Polsek jajaran, untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat dengan melakukan patroli rutin khususnya di 19 titik. 

“Jadi bagi para pelaku kriminalitas maupun para muda-mudi yang melakukan balapan liar, jangan sekali-kali berani untuk melakukan hal tersebut, sebab personel Polresta Banjarmasin akan terus berjaga 1×24 jam demi menjaga kenyamanan Kamtibmas di Banjarmasin," sambungnya. 

Tujuan utama giat ini adalah memberikan rasa aman kepada pengguna jalan raya, pejalan kaki dan masyarakat umum yang menggunakan sepeda motor roda maupun roda empat terutama sepeda biasa maupun listrik mematuhi aturan-aturan lalu lintas.

Baca juga: Tewas Kecelakaan Maut di  Komplek Satdraprov Kalsel, Pengendara F1 ZR Diduga Pelaku Balap Liar

Mulai dari Pengamanan, pengaturan arus lalu lintas penjagaan penertiban atau penegakkan serta memberikan kanalisasi khusus kepada roda dua agar menggunakan jalur sebelah kiri yang tergelar di wilayah hukum Polresta Banjarmasin. 

Dengan mematuhi lalu lintas, ujar Kasat Lantas, pengendara tidak hanya andil dalam menjaga keselamatan pribadi namun juga menjaga keselamatan orang lain. (Banjarmasinpost.co.id/Noor Masrida)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved