Berita Balangan

Pembangunan Jembatan Gantung Desa Baruh Panyambaran Berlangsung, Kades Berharap Cepat Rampung 

Jembatan gantung di Desa Baruh Panyambaran, Kecamatan Halong Kabupaten Balangan tengah dalam proses pembangunan

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Jembatan gantung di Desa Baruh Penyambaran, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan mengalami kerusakan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Dalam waktu dekat,  jembatan gantung di Desa Baruh Panyambaran, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalsel akan kembali bisa digunakan warga. 

Sejak beberapa waktu lalu, para pekerja sudah mulai melaksanakan pembangunan jembatan gantung baru di lokasi jembatan gantung lama yang mengalami kerusakan karena banjir. 

Tiang pancang kini telah terpasang mengawali pembangunan jembatan gantung pengganti sebelumnya. Bahkan secara berkala, kepala desa setempat melakukan pengecekan progres pembangunan jembatan. 

Kerusakan jembatan yang sebelumnya menjadi kendala bagi penduduk disana, mengharuskan percepatan penanganan oleh Dinas PUPR Kabupaten Balangan. Pasalnya, jembatan gantung yang rusak adalah akses terdekat yang dilewati warga dari tiga desa untuk ke kebun. 

Baca juga: Ambruk Tertimpa Pohon, Kini Dinas PUPR Balangan Bangun Jembatan Gantung Baru di Desa Buntu Karau

Baca juga: Jelang Haul Wali Lima di Murung Kenanga Kota Martapura, Lantai Jembatan Gantung Diperbaiki

Kepala Desa Baruh Panyambaran, Handi menerangkan, pembangunan jembatan gantung yang baru diprediksi selesai pada Desember mendatang. Sehingga warga pun kembali bisa menikmati akses terdekat menuju kebun. 

"Jembatan gantung yang rusak dulu digunakan oleh warga di tiga desa, yaitu Baruh Panyambaran, Binjai Punggal dan warga dari Desa Binju," kata Handi, Jumat (11/11/2022).

Jembatan itu, imbuhnya,  merupakan akses utama ke kebun dan persawahan warga.

Saat ini kata Handi, warga pun sementara menggunakan jembatan di Desa Binjai Punggal yang keadaan jalan dan jembatannya pun sulit dilewati. Warga pun mau tidak mau lewat jalan tersebut karena akses lain lumayan jauh.

Baca juga:  Ambruk Terseret Truk Trailer Alat Berat, Jembatan Gantung di Tabalong Sudah Kembali Difungsikan

Handi berharap pengerjaan jembatan gantung yang baru bisa segera rampung. Tentunya keberadaan jembatan mendukung kegiatan perekonomian warga di desanya dan desa sekitarnya. 

Sejauh ini kata Handi, untuk kegiatan pembangunan jembatan pasca pemasangan tiang pancang, akan dilakukan pengerasan cor untuk penguat tiang pancang. Lalu akan dilaksanakan pengerjaan tahap berikutnya, termasuk pemasangan tali sling hingga lantai dan sisi jembatan. (Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti) 
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved