Serambi Mekkah

Bupati Banjar Saidi Mansyur Serahkan Penghargaan kepada Para Pembina Program Kampung Iklim

Bupati Banjar H Saidi Mansyur serahkan sertifikat, plakat dan insentif kepada beberapa pembina Proklim dan diharapkan bantu membina desa lainnya.

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Alpri Widianjono
MC PEMKAB BANJAR
Bupati H Saidi Mansyur menyerahkan sertifikat, plakat dan insentif kepada pembina Proklim di Aula Barakat lantai II Kantor Pemkab di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (14/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID,  MARTAPURA - Bupati Banjar H Saidi Mansyur menyerahkan sertifikat, plakat dan insentif kepada beberapa pembina Program Kampung Iklim (Proklim) di Aula Barakat lantai II, Kantor Bupati Banjar, Kota Martapura, Senin (14/11/2022).

Apresiasi dari Bupati Banjar itu sebagai bentuk perhatian dari pemerintah daerah terhadap Proklim. 

Diketahui, Proklim adalah program berlingkup nasional yang yang dikelola Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) .

Ini bagian dari upaya meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim.

Bupati banjar Saidi Mansyur dan para penerima sertifikat pembina Proklim Senin (14/11/2022).
Bupati H Saidi Mansyur dan para penerima sertifikat, plakat dan insentif untuk pembina Proklim di Aula Barakat lantai II Kantor Pemkab di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (14/11/2022).

Selain itu, penurunan emisi gas rumah kaca dan memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi.

Pembina Proklim Kecamatan ini adalah Camat Karang Intan, Camat Martapura dan Camat Martapura Barat. 

Camat sebagai pembina proklim dalam upaya menuju Proklim Lestari Tahun 2023 dan 2024, yaitu Desa Mandikapau Barat, Indrasari, Kelurahan Sekumpul, Pondok Pesantren Darul Hijrah. 

Kemudian sebagai penerima Proklim Utama Trophy dari Menteri LHK, yaitu Desa Kiram dan Padang Panjang di wilayah Kecamatan Karang Intan. 

Pembina Proklim setelah menerima sertifikat dari Bupati banjar H Saidi Mansyur Senin (14/11/2022).
Pembina Proklim setelah menerima sertifikat, plakat dan insentif dari Bupati H Saidi Mansyur di Aula Barakat lantai II Kantor Pemkab di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (14/11/2022).

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan pada Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DisperkimLH), Noor Aina, mengharapkan, desa yang melaksanakan Proklim dapat membina desa lainnya.

Tahun ini, pihaknya menyiapkan penilaian Desa Mandikapau sebagai calon yang akan menerima penghargaan Trofi Lestari sebagai Proklim. 

Sementara itu, perwakilan dari PT Mitra Agro Semesta, Ali Syahadah R, merasa senang dengan penghargaan dari Pemkab Banjar. 

Perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan dan pertambangan itu akan terus mendukung Proklim yang dilaksanakan Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Kabupaten Banjar. 

Bupati H Saidi Mansyur foto bersaama para penerima sertifikat pembina Proklim Senin (14/11/2022).
Bupati H Saidi Mansyur foto bersaama para penerima sertifikat, plakat dan insentif untuk pembina Proklim di Aula Barakat lantai II Kantor Pemkab di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (14/11/2022).

Hadir mendampingi Bupati Banjar dalam menyerahkan anugerah Proklim, yakni Kepala DisperkimLH Kabupaten Banjar, Mursal, dan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Banjar, H Masruri. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved