Berita Tanahlaut

Jelang Pemilu 2024, Cegah Money Politic, Bawaslu Tala Minta GMPP Segera Daftar Jadi Pemantau Pemilu

Bawaslu Kabupaten Tanahlaut, mengharapkan peran serta berbagai pihak untuk turut melakukan pengawasan.

Penulis: Idda Royani | Editor: Eka Dinayanti
MARSUDI UNTUK BPOST GROUP
KOORDINATOR HP2H Bawaslu Tala Marsudi berinteraksi saat menghadiri acara yang digelar Bawaslu Kalsel di Banjarmasin, Minggu (13/11). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Pelanggaran pemilu seperti money politic masih berkemungkinan terjadi.

Karena itu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), mengharapkan peran serta berbagai pihak untuk turut melakukan pengawasan.

Hingga saat ini pengawasan partisipatif juga masih terus digaungkan.

Sejak kemarin hingga Semin (14/11/2022) hari ini komisioner Bawaslu kabupaten/kota se-Kalsel juga mengikuti kegiatan terkait hal tersebut di Kota Banjarmasin.

Kegiatan yang digelar Bawaslu Kalsel tersebut bertema Pengembangan Pusat Pendidikan Pengawasan Pemilu Partisipatif dalam rangka peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi kader pengawas partisipatif.

Baca juga: Rakornas di Surabaya, Ini Strategi Pengawasan yang Dilakukan Bawaslu Tala Terkait Keanggotaan Parpol

Baca juga: Bawaslu Tanahlaut Kumpulkan Stakeholder Terkait, Bahas Perbawaslu hingga Aturan-aturan Penting

Para koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HP2H) kabupaten/kota se-Kalsel menghadiri kegiatan itu.

Bawaslu Tala diwakili Marsudi, kordiv HP2H.

Selain itu hadir kelompok/komunitas dari alumni sekolah kader pengawas partisipatif (SKPP) dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel.

Rata-rata perwakilan komunitas turut berhadir 3-4 orang.

Komunitas atau alumni SKPP merupakan mitra Bawaslu di tingkat provinsi dan kabupaten/kota sebagai mata dan telinganya Bawaslu sesuai tingkatannya.

"Saya berharap alumni SKPP yang sekarang ini sudah menjadi komunitas atau kelompok bisa menjadi pemantau pemilu di daerah, termasuk di Tala yg sudah terbentuk selama dua tahun lalu dengan nama Gerakan Melenial Peduli Pemilu (GMPP Tala)," ucap Marsudi.

Ia menegaskan pihaknya siap menindaklanjuti kegiatan tersebut dengan menggandeng kawan-kawan GMPP sebagai mitra strategis Bawaslu Tala.

"Tugas kawan-kawan GMPP adalah sebagai mata dan telinganya Bawaslu Tala dalam melakukan pengawasan terhadap semua tahapan pemilu serentak tahun 2024 yang akan datang," tandasnya.

Dirinya juga berharap kawan-kawan GMPP Tala bisa mendaftarkan diri untuk menjadi pemantau pemilu di wilayah Kabupaten Tala dengan melengakapi persyaratan yang telah ditentukan.

Halaman
12
  • Berita Terkait :#Berita Tanahlaut
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved