Berita Tanahbumbu

Apel Siaga Bencana Digelar, BPBD Tanbu Sebut Ada 72 Desa Rawan Banjir

Ada sebanyak 72 desa yang masuk dalam kategori rawan bencana alam khususnya banjir di Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu)

Penulis: Man Hidayat | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat
Pelepasan Balon tanda Dibukanya Apel Siaga Bencana, Selasa (15/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Ada sebanyak 72 desa yang masuk dalam kategori rawan bencana alam khususnya banjir di Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu) yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS)

Itu tersebar di beberapa kecamatan di antaranya DAS Kusan Hilir, Sungai Loban, Satui, Kusan Hulu, Kusan Tengah dan Karang Bintang

Hal ini disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanahbumbu, Sulhadi, usai gelaran Apel Siaga Bencana dalam rangka antisipasi menghadapi bencana hidrometeorelogi, Banjir, Tanah Longsor, Angin Puting Beliung dan Gelombang pasar laut (Rob) di Kabupaten Tanahbumbu di halaman kantor Bupati, Senin (15/11/2022). 

"Daerah rawan bencana banjir,  rata-rata semuanya yang berada di kawasan DAS, ketika curah hujan tinggi maka potensi banjir cukup tinggi, " kata Sulhadi. 

Baca juga: Banjir Landa Permukiman Warga Mabuun Kabupaten Tabalong Kalsel

Baca juga: BPBD Banjar Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana, Bupati Serahkan Bibit Tanaman Ketahanan Pangan

Baca juga: Kelas Terendam, Siswa SDN Sungai Pandan Hulu Kabupaten HSU Kalsel Belajar di Musala

Ia mengatakan, potensi banjir ini memang cukup tinggi apalagi dari perkiraan BMKG menyebutkan Desember hingga Februari ini, curah hujan tinggi sehingga perlu diwaspadai. 

"Belum lagi daerah rawan longsor, ada sejumlah kawasan yang rawan longsor terutama dikawasan Kecamatan Mantewe dan Jalan Batulicin kandangan yang rawan, " katanya. 

Sebab itu, perlu antisipasi dengan apel siaga bencana bersama semua sejumlah instansi, TNI Polri, Dishub, Basarnas, BPBD, Satpol PP dan Damkar dan relawan yang ada di Tanbu. 

"Kegiatan ini kita laksanakan serentak di semua kecamatan sebagai langkah kesiapan tanggap bencana dan antisipasi, " katanya. 

Baca juga: Banjir Sempat Merendam Ruas Jalan Raya di Piani Kabupaten Tapin Kalsel

Sementara itu, Bupati Tanahbumbu dr HM Zairullah Azhar, menyampaikan apel yang dilaksanakan sangat bermanfaatkan dan sebagai langkah antisipasi pencegahan bencana di Bumi Bersujud ini. 

" Pencegahan ini adalah tugas bersama untuk penanganan dan pencegahan serta antisipasi mulai dari tingkat RT, Desa hingga tingkat Kabupaten. Kita berjuang bersama-sama dan ini sebagai perjuangan bersama sebagai ladang pahala, " katanya. (Banjarmasinpost.co.id/man hidayat) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved