Berita Tapin

Dishut dan BKSDA Kalsel Lepasliarkan Belasan Bekantan di Area Konservasi Lokbuntar Tapin

Belasan bekantan dilepasliarkan di konservasi Lokbuntar Tapin diharapkan tidak punah dan bisa hidup bebas serta berkemang biak.

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/stan
Jelang pelepasan belasan bakantan di Area Konservasi Bakantan Lokbuntar Tapin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Dinas Kehutanan (Dishut) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel telah melepasliarkan 16 bekantan di area konservasi Bekantan di Kabupaten Tapin.

Belasan endemik Kalsel yang dilepasliarkan ini diharapkan tidak punah dan bisa hidup bebas di area konservasi Bakantan milik PT AGM ini.

Officer Ekowisata Bekantan Lokbuntar Tapin, Jeni mengatakan, setelah beberapa hari pelepasliaran, belasan bekantan tersebut langsung beradaptasi di area ini.

"Dengan dilepasliarkannya bekantan-bakantan di area konservasi ini, kami merasa dipercaya dan mengucapkan terima kasih kepada Supian HK selaku Ketua DPRD Provinsi Kalsel dan Dinas Kehutanan serta BKSDA Provinsi Kalsel atas kepercayaan ini," ucapnya, Selasa (15/11/2022).

Baca juga: Ketua DPRD Kalimantan Selatan Supian HK Serahkan 27 Bekantan dari Kabupaten HSU ke BKSDA Kalsel

Baca juga: Berstatus Sekolah Adiwiyata, SDN Jawa 2 Martapura Jadi Sasaran Edukasi Cinta Bekantan oleh Dosen ULM

Jeni mengatakan dilepasliarkannya bekantan di kawasan ekowisata ini diharapkan hewan khas Kalsel ini bisa berkembang biak dengan baik.

"Selain itu, ekowisata bekantan PT. AGM Kabupaten Tapin ini bermanfaat untuk pendidikan konservasi bagi para pegiat ekowisata," lanjutnya.

Ia mengatakan bertambahnya bakantan di area konservasi ini, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan pemantauan dan meningkatkan pengawasan baik terhadap ancaman eksternal maupun internal.

"Kita tingkatkan pengawasan, khususnya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di sekitar area konservasi ini," pungkasnya.

( Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved