HSU Mantap

Tampil di Porprov XI Kalsel, Keluarga Master Catur HSU Ini Tak Pernah Absen Sumbang Medali Emas

Pecatur Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Master Nasional Ahmad Raihan Hasa, kembali torehkan prestasi membanggakan di ajang Porprov XI Kalsel

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Hari Widodo
Dinas Kominfo HSU
Pecatur andalan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Master Nasional Ahmad Raihan Hasa bersama dua putrinya menyumbangkan 2 Medali Emas dan 1 Medali Perak bagi kontingen Kabupaten HSU di ajang Porprov XI Kalsel 2022 di HSS. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Pecatur Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Master Nasional Ahmad Raihan Hasa, kembali torehkan prestasi membanggakan di ajang Porprov XI Kalsel di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dari 5-13 November 2022.

Bersama anak- anaknya, Ahmad Raihan Hasa berhasil  menyumbang 2 Medali Emas dan 1 Medali Perak untuk Kontingen HSU 

Dengan prestasi ini, tentunya membuat keluarga pecatur ini tak pernah absen dalam tradisi menyumbangkan medali di setiap event besar di Bumi Lambung mangkurat ini. 

Dalam porprov XI Kalsel tahun ini, Raihan sendiri meraih emas di kelas Catur Kilat Perorangan Putera diikuti putri bungsunya bergelar Master Percasi Wanita (MPW) Nishfa Dayyana Rahmah yang bermain di Kelas Catur Standar Perorangan Puteri. 

Sedangkan Medali Perak diraih oleh Puteri keduanya, Helma Ghinaya pada kelas catur cepat perorangan puteri. 

Perolehan Medali yang sangat memuaskan bagi kontingen catur Kabupaten HSU diajang Porprov XI kalsel ini, tentunya tidak terlepas dari peran dan kehadiran Master Nasional Ahmad Raihan selaku pelatih, pemain sekaligus pengurus Percasi HSU ini. 

pecatus hsu tampil di porprov XI hsu
Pecatur andalan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Master Nasional Ahmad Raihan Hasa tampil di Porprov XI Kalsel.

Ia sangat dominan, karena dari 10 Medali emas, perak dan perunggu yang diperebutkan, Kabupaten HSU berhasil menyabet 3 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu.  

"Saya sangat bahagia, karena Nishfa dengan usia 14 tahun sudah mampu sumbangkan medali emas untuk HSU, karena dia bermain di kelompok catur standar perorangan puteri tanpa batasan usia, bahkan lawan yang dikalahkan adalah para pemian PON Kalsel yang note bane sudah berpengalaman, seperti Master FIDE Wanita (MFW) Norasya Verdina dari Banjarmasin peraih 3 Medali Emas pada Porprov X di Kabupaten Tabalong," ujar Raihan. 

Selain itu, Nishfa juga berhasil mengalahkan Master Nasional Wanita (MNW) Radiatul Adawiyah Peraih Medali Emas Porprov X Tabalong. 

"Ini prestasi yang luar biasa bagi Nishfa," jelas penyandang gelar Wasit Nasional (WN) dan Pelatih Internasional (FI) dalam dunia olahraga Catur ini.

Raihan bercerita, pada Porprov X  Kalsel di Kabupaten Tabalong 2017 lalu, Kabupaten HSU berhasil meraih 8 Medali Emas, 5 Perak dan 9 Perunggu dari 28 medali yang diprebutkan.

Lantaran pada porprov XI Kalsel di HSS tahun ini jumlah kelas yang dipertandingkan berkurang, maka potensi mendulang banyak medali pun ikut berkurang.

"Sekarang di porprov XI Kalsel di HSS cuma 10 medali emas, Kalau seandainya sama jumlah medali dan kelas yang di lombakan, kami pun cabang catur berani pasang target 15 medali emas," Imbuhnya.

Sedangkan pada Poprov IX sebelumnya yang dilaksanakan di Martapura - Kabupaten Banjar di tahun 2013 lalu, "Saya bersama dengan anak - anak yaitu Rizka Aulia Rahmi (Anak sulung ) bersama Helma Ghinaya berhasil meraih 2 medali emas, 1 perak dan 3 perunggu. Sementara Nishfa, kala itu masih berusia 4 tahun dan tidak ikut bertanding," terang Raihan. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved