Berita Tanahbumbu

Sebut Stok Darah Minim Bahkan  Kosong, PMI Tanbu Berharap dari Gelaran Donor Darah

Stok darah di Kabupaten Tanahbumbu saat ini terbilang minim bahkan kosong  terutama darah golongan A dan AB

Penulis: Man Hidayat | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat
Donor darah yang digelar di Hotel Ebony Batulicin, Rabu (16/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Stok darah di Kabupaten Tanahbumbu saat ini terbilang minim bahkan kosong  terutama darah golongan A dan AB. 

Sementara kebutuhan darah tiap bulannya ada diangka 400 kantong. Ini belum termasuk adanya penyakit lain yang memerlukan banyak darah. 

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan stok darah adalah dengan menggelar kegiatan donor darah yang dilaksanakan PMI atau instansi lainnya yang bekerjasa dengan PMI kabupaten Tanahbumbu (Tanbu). 

" Saat ini stok darah kita masih kurang bahkan ada yang kosong hari ini. Untuk golongan dara A dan AB saat ini kosong, " kata Ketua PMI Tanahbumbu, dr MY Hendra, saat melaksanakan donor darah massal memperingati HUT ke 10 Hotel Ebony Batulicin dan Arutmin Indonesia ke 41 di Aula Soraja Hotel Ebony Batulicin. 

Baca juga: Ikuti Program Bakti Pemuda, Forum Fans Club Murakata di HST Donorkan Darah   

Baca juga: Stok Darah PMI Kabupaten Banjar Tersisa 23 Kantong

Ia mengatakan dengan donor darah yang digelar ini dapat membantu kebutuhan stok darah di Kabupaten Tanahbumbu, untuk beberapa bulan ke depan. Diketahui stok darah O dan B, hanya ada 11 kantong. 

" Namun sejauh ini, kendala kami PMI masih belum UTD dan masih bergantung pada RS dr Andi Abdurrahman Noor. Namun target kami di 2023, bisa menjadi UTD sehingga bisa melaksanakan dan mengelola stok darah karena selama ini kami hanya sebagai pelaksana, mencari darah dam setelah itu langsung diserahkan ke rumah sakit, " katanya. 

Dari kegiatan donor darah yang digelar kali ini, sesuai dengan permintaan targetnya sebanyak 200 kantong darah. 

Sementara itu, Iwan Sugiarto Kusnadi, selaku Manager PT Arutmin Indonesia Tambang Batulicin, mengatakan donor darah ini adalah upaya membantu  ketersedian darah di Bumi Bersujud dengan berkolaborasi dengan Ebony, Stikes Darul Azhar dan PMI Batulicin. 

"Ini juga sebagai upaya peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 58, dan upaya membantu ketersedian darah di Tanahbumbu dengan kolaborasi bersama, " katanya. 

Baca juga: Peringati Hari Oeang ke-76, Kanwil DJP Kalselteng Gelar Jalan Santai Hingga Donor Darah

Sementara itu, General Manager Hotel Ebony Batulicin, Tangkas Candra, mengatakan kegiatan ini sebagai kepedulian untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah dan ini juga rutin dilaksanakan tiap tahunnya. 

"Kita berkolaborasi dan antusias pendonor ternyata juga sangat tinggi hari ini, " katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved