Berita HST

Terminal Angdes Dibongkar, Dishub HST Rencanakan  Bangun Penggantinya di Pujasera

Pasca dibongkarnya terminal angkdes, Dishub HST merencanakan membangun terminal baru di eks terminal lama atau pujasera

Penulis: Hanani | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Hanani
Jalan Murakata, Barabai, selama ini menjadi tempat mangkal para sopir angkutan trayek AKDP menunggu penumpang, Rabu (16/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Menyusul dibongkarnya Teminal Angkutan Pedesaan di Pasar Keramat Barabai, sopir angkutan penumpang yang selama ini melayani jasa angkutan masyarakat perdesaan tak punya tempat mangkal.

Untuk itu, Dinas Lingkungan dan Perhubungan (LHP)  Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) merencanakan terminal baru sebagai penggantinya.

“Lokasinya di eks terminal lama, yang kini dikenal dengan nama Pujasera,”kata Plt Kabid Perhubungan Dinas LHP HST AL Bagaq, saat penyerahan bantuan subsidi BBM kepada 107 unit armada angkutan penumpang trayek angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dan Angkutan antardesa (Angdes), Rabu (16/10/2022 di Gedung Murakata Barabai.

Sebelumnya, dalam dialog dengan para sopir angkutan penumpang, para sopir Angdes meminta Pemkab HST membangun kembali terminal perdesaan, yang dekat dengan Pasar, untuk memudahkan penumpang dari desa berbelanja di pasar dengan naik angkutan umum.

Baca juga: Pemkab HST Subsidi BBM Ratusan Sopir Angkutan Umum, Per Orang Dapat 40 hingga 60 Liter  

Baca juga: Angkutan Umum Banyak Tak Layak, Ketua Organda Kalsel Berharap Pemerintah Membantu Peremajaan

AL Bagaq sendiri mengakui terminal dibutuhkan, oleh angkutan umum penumpang. Namun saat ini terjadi pergeseran tren angkutan umum yang dulunya melayani penumpang, bergeser melayani angkutan barang.

“Tapi target kami dalam beberapa tahun ke depan, melalui penyusunak teknis yang tepattidak menutup kemungkinan Pujasera eks terminal lama difungsikan menjadi terminal perdesaan,”katanya.

Sedangkan terminal Pantai Hambawang, kata AL Bagaq bakal difungsikan sebagai pusat transit rest area AKDP dan Bus Pariwisata Banua Anam.

Baca juga: Terminal Pedesaan Pasar Keramat Barabai Dibongkar, Pedagang Sebut Sering Jadi Sarang Mabuk-mabukan

Pantauan banjarmasinpost.co.id, untuk angkutan penumpang AKDP saat ini memanfaatkan pinggir jalan MUrakata sebagai tempat mangkal menunggu penumpang.

Terminal Keramat yang merupakan terminal AKDP sendiri sudah dibongkar terlebih dahulu dibanding terminal Perdesaan, sejak dibangunnya PAsar Agrobisnis MOdern. (Banjarmasinpost.co.id/Hanani)

 

 


 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved