Kabar Kampus Politala

Gelar Workshop Kurikulum PBL, Politala Datangkan Pemateri dari Dua Politeknik Ternama

Workshop Kurikulum Berbasis Project Based Learning di Aula Gedung Kuliah Terpadu lingkungan kampus Politala, Pelaihari.

Penulis: Idda Royani | Editor: Eka Dinayanti
humas politala
Suasana Workshop Kurikulum Berbasis Project Based Learning (PBL) di kampus Politala yang dimulai, Rabu (16_11).. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Penguatan kapasitas dan sumber daya manusia (SDM) terus dilakukan Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala).

Apalagi tangan kedepan kian kompetitif di tengah pesatnya kemajuan teknologi informatika saat ini.

Langkah terkini yang dilakukan yakni menggelar Workshop Kurikulum Berbasis Project Based Learning (PBL) bertempat di Aula Gedung Kuliah Terpadu Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari di lingkungan kampus Politala di kawasan Jalan A Yani Desa Panggung, Kecamatan Pelaihari.

Kegiatan itu diselenggarakan selama dua hari dan langsung dibuka secara resmi oleh Direktur Politala Dr Hj Mufrida Zein SAg MPd pada Rabu (16/11/2022) kemarin.

Ada dua orang pemateri yang dihadirkan yakni Direktur Politeknik Negeri Ketapang (Politap) Endang Kusmana SE MMAk CA. Lalu, Ade Chandra Nugraha SSi MT yakni dosen program studi Teknik Informatika Politeknik Negeri Bandung (Polban).

DIREKTUR Politala Dr Hj Mufrida Zein (tengah) didampingi Ketua Dewan Penyantun Politala Dr H Sihabuddin Chalid  (hem putih) berpose bersama pemateri.
DIREKTUR Politala Dr Hj Mufrida Zein (tengah) didampingi Ketua Dewan Penyantun
Politala Dr H Sihabuddin Chalid (hem putih) berpose bersama pemateri. (humas politala)

Dalam paparannya, Endang menuturkan ada empat permasalahan yang kerap dialami kalangan alumni perguruan tinggi ketika telah berada di lingkungan kerja.

Di antaranya yakni tidak mampu berkomunikasi secara baik seperti berdiskusi, mengemukakan pendapat, dan mudah menyerah.

Karena itu, sebut Endang, pendekatan pembelajaran harus diubah dari lecture centered menjadi student centered yaitu mahasiswa yang menjadi peran utama.

"Pendekatan seperti inilah yang sangat cocok dalam pembelajaran di era digital saat ini. Kami (Politap) pun sudah menerapkan kurikulum berbasis PBL," sebut Endang.

Menurut Endang model pendekatan PBL mampu mendorong seorang mahasiswa mengoptimalkan kemampuan potensinya masing-masing.

 Suasana Workshop Kurikulum Berbasis Project Based Learning (PBL) di kampus Politala yang dimulai, Rabu (16_11).
 Suasana Workshop Kurikulum Berbasis Project Based Learning (PBL) di kampus
Politala yang dimulai, Rabu (16_11). (humas politala)

Terutama softskill untuk menyelesaikan tugas-tugas yang dihadapi.

Sementara itu Direktur Politala Dr Hj Mufrida Zein SAg MPd dalam sambutannya mengatakan Workshop Kurikulum Berbasis PBL tersebut sangat penting agar dapat menerapkan PBL secara baik.

"Ini dalam upaya mempercepat keberhasilan pelaksanaan kegiatan PBL. Kondisi di Tala yang banyak memiliki industri dan dunia sangat memungkinkan untuk diterapkan PBL," sebutnya.

Workshop tersebut diikuti seluruh dosen Prodi Teknik Rekayasa Komputer Jaringan dan Teknik Informatika serta perwakilan enam prodi.

Jumlah peserta sebanyak 30 orang.

Pada hari pertama fokus pada paparan dari dua orang pemateri. Peserta sangat antusias berinteraksi pada tiap sesi tanya jawab.

Sedangkan pada hari kedua dilakukan pembahasan kurikulum untuk direvisi sesuai pendekatan pelaksanaan PBL yang telah diterapkan di Politala. (AOL)

  • Berita Terkait :#Kabar Kampus Politala
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved