masin', 'content_category' : 'kalsel', 'content_tag' :'Kalsel Bergerak, Perhargaan Bumandhala Award 2022, Paman Birin, Kalsel Bergerak, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Berita Banjarmasinpost Hari Ini, Banjarmasin, Kalimantan Selatan', 'content_type': 'standard', 'content_topic': 'Kalsel Bergerak', 'article_length':'383', 'idArticle':'1175575', 'month':'11', 'year':'2022', 'agent':'desktop', 'unruly_pos': '6', }];

Kalsel Bergerak

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor Bakal Terima Perhargaan Bumandhala Award 2022

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor  dipastikan akan menerima Penghargaan Bumandhala Award 2022

Penulis: Milna Sari | Editor: Hari Widodo
Biro Adpim Setdaprov Kalsel
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor bakal mendapatkan penghargaan Bumandhala Award 2022. 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor  dipastikan akan menerima Penghargaan Bumandhala Award 2022.

Kabar mengembirakan ini sesuai dengan surat undangan dari Badan Informasi Geospasial (BIG) Nomor 18-4617/KA BIG/NG.02.02/11/2022 tertanggal 16 Nopember 2022 yang ditujukan kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Rencananya penghargaan ini akan diserahkan kepada gubernur yang akrab disapa Paman Birin pada Bumandhala Award pada Jumat (25/11) pekan depan.

“Alhamdulilah. Penghargaan ini menjadi semangat untuk terus berkerja untuk rakyat serta memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Paman Birin.

Yang membanggakan lagi, Paman Birin akan menerima 2 piala dan penghargaan. Yakni Bhumandala Kanaka (Medali Emas) untuk kategori Provinsi bersama Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat, serta Bhumandala Kencana (Geoportal Terbaik) untuk kategori Provinsi.

“Proses evaluasi pada tahun 2022 ini telah memasuki tahap akhir dan perkenankan kami mengucapkan selamat kepada Provinsi Kalimantan Selatan atas prestasinya yang telah berhasil meraih Bhumandala Kanaka (Medali Emas) untuk kategori Provinsi bersama Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat, serta Bhumandala Kencana (Geoportal Terbaik) untuk kategori Provinsi,” ungkap Muh Aris Marfa’i, Kepala Badan Informasi Geospasial sebagaiman keterangan dalam surat undangan itu.

Muh Aris Marfa’i menjelaskan, keberhasilan ini karena Provinsi Kalimantan Selatan telah mengimplementasikan seluruh elemen infrastruktur informasi Geospasial dengan baik dan juga telah melakukan pemanfaatan data dan informasi spasial yang dimiliki dalam proses perencanaan pembangunan.

“Rencana strategis yang dimiliki pun sudah jelas terdefinisikan yaitu GeoAl sebagai instrumen pembangunan berkelanjutan di tahun 2026 ,” jelasnya.

Peran pembinaan Informasi Geopasial yang dilakukan provinsi kepada kota/kabupaten di wilayahnya telah dilakukan dengan baik.

Dengan mengadopsi Bhumandala Award, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan membentuk ajang penghargaan Banua Award yang bertujuan mendorong pemerintah kota/kabupaten untuk dapat berperan serta dalam penyelenggaraan infrastruktur IG.

Semangat yang ditunjukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan ini sangat baik dicontoh oleh provinsi lain, karena tidak hanya berbenah untuk diri sendiri, Provinsi Kalirnantan Selatan juga mengajak kota/kabupaten di wilayahnya untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan pemanfaatan data dan informasi geospasial.

Bagi Kalsel ini adalah adalah penghargaan kali ketiga berturut-turut sejak tahun 2020.

Pada 2020 meraih penghargaan Bhumadala dengan medali perunggu dan tahun 2021 meraih penghargaan Inovasi terbaik “Sistem Informasi Pertanian Beririgasi (SITARI)” yang dikembangkan oleh Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan. Pada 2021 itu, Pemprov Kalsel mendapat Piala Kategori Emas. (Aol/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved