Berita Banjarmasin

Dua SST Satbrimob Polda Kalsel Diterjunkan, Pilkades Serentak Kabupaten Banjar Terjaga Kondusif

Polda Kalsel menerjunkan dua SST dari Satbrimob untuk mempertebal pengamanan dalam pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Banjar.

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Eka Dinayanti
Satb Brimob Polda Kalsel
Dua SST Personel Sat Brimob Polda Kalsel bersama unsur TNI dan satuan lainnya dalam persiapan pengamanan Pilkades Serentak di Kabupaten Banjar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Banjar yang dimulai pada Kamis (17/11/2022) berlangsung relatif lancar.

Terlebih dari aspek situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di tengah pelaksanaan Pilkades dapat terkendali dengan baik.

Ini tentu tak lepas dari peran Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) dan Polres Banjar yang bersinergi dengan TNI, pemerintah Kabupaten Banjar dan stakeholder untuk menciptakan suasana tertib.

Terlebih, Polda Kalsel juga menerjunkan dua satuan setingkat peleton (SST) dari Satuan Brigade Mobil (Sat Brimob) untuk mempertebal pengamanan dalam pelaksanaan Pilkades Serentak itu.

Baca juga: Pilkades Serentak Sukses Digelar di 117 Desa, Bupati Banjar Mencoblos di Desa Madurejo 

Baca juga: Gelar Apel Pengamanan Pilkades Serentak, Begini Arahan Kapolres Banjar

Personel Sat Brimob bergerak di bawah kendali operasi (BKO) Kapolres Banjar, AKBP Doni Hadi Santoso.

"Dua SST sudah diterjunkan sejak H-1 Pilkades untuk memback up Polres Banjar," kata Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol Mochamad Rifa’i, Minggu (20/11/2022).

Bersama personel dari TNI, mereka melaksanakan pengamanan baik secara stasioner maupun dengan mobilitas dari satu tempat pemungutan suara (TPS) ke TPS lainnya.

Dimana pada Pilkades Serentak kali ini, ada sebanyak 117 desa di Kabupaten Banjar yang menyelenggarakan pemilihan.

117 desa itu berada di 20 kecamatan dan diikuti 380 calon kepala desa.

Baca juga: Syamsuddin Noor Jadi Alternatif Parkir Pesawat Delegasi KTT G20, Polda Kalsel Perkuat Pengamanan 

Penebalan pengamanan itu kata Kombes Rifa’i dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang berpotensi mengganggu Kamtibmas seperti tindakan provokatif atau anarkis dari pihak tak bertanggungjawab.

Sebelumnya, Kapolda Kalsel, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi dalam momen Peringatan HUT Korps Brimob Polri di Mako Sat Brimob Polda Kalsel juga menyampaikan, pengamanan terhadap pelaksanaan pemilihan umum juga menjadi perhatian utama Polri.

Terlebih pada Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang, perencanaan pengamanan bersama TNI terus dimatangkan dan tentunya bakal melibatkan personel dari Sat Brimob Polda Kalsel.

( Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved