Tabalong Terdepan

Tabalong Luncurkan Julak Wasi Kawal Inflasi, Pedagang Sayur dan Ikan Keliling Diberi Seragam Khusus

Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan (Diskopukmperindag) Kabupaten Tabalong luncurkan Julak Wasi melibatkan penjual sayuran.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan (Diskopukmperindag) Kabupaten Tabalong, Husin Ansari, saat peluncuran program Julak Wasi di halaman Pendopo Bersinar, Kota Tanjung, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (21/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Terobosan kembali digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong, sebagai bukti keseriusan dalam upaya mengendalikan inflasi.

Meski pada periode Juli tadi inflasi Tabalong berhasil menjadi yang terendah kedua secara nasional, namun usaha untuk tetap bisa mengendalikan terus dengan serius dilakukan.

Kali ini melalui Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan (Diskopukmperindag) Kabupaten Tabalong diluncurkan inovasi baru yang dinamai Julak Wasi.

Julak Wasi ini merupakan singkatan dari Ojek Jual Sayur Ikan dan Sembako Kawal Inflasi  dengan tagline yang digaungkan Pembeli Nyaman, Inflasi Aman.

Dalam pelaksanaannya, Julak Wasi ini melibatkan warga Tabalong yang selama ini berjualan sayur dan ikan secara keliling menggunakan sepeda motor.

Pelepasan rombongan Julak Wasi di Kota Tanjung Tabalong kalsel Senin (21/11/2022).
Pelepasan rombongan Julak Wasi di Halaman Pendopo Bersinar, Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (21/11/2022).

Saat program ini secara resmi diluncurkan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, Senin (21/11/2022), di Pendopo Bersinar, sudah ada 70 pedagang sayur dan ikan keliling yang dilibatkan.

Menariknya, mereka diberikan jaket dan helm khusus dengan desan menarik bertuliskan Julak Wasi yang jadi seragam saat jualan keliling.

Selain itu juga, dibuatkan keranjang tempat membawa dagangan, payung warna-warni serta toa kecil yang berisi suara sebagai promosi Julak Wasi.

Bukan hanya itu, puluhan pedagang ini juga mendapatkan bantuan suplai bahan baku sembako untuk menambah jenis dagangan yang dijual dan BBM selama 2 bulan.

Menurut Kepala Diskopukmperindag Tabalong, Husin Ansari, saat peluncuran Julak Wasi, Senin (21/11/2022) di halaman Pendopo Bersinar, dalam program ini para pedagang tidak hanya menawarkan ikan dan sayur, tetapi juga sembako.

Deretan penjual kelompok Julak Wasi di Kota Tanjung Tabalong kalsel Senin (21/11/2022).
Deretan penjual sayur dan ikan keliling yang memakai jaket dan helm bertuliskan Julak Wasi di Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (21/11/2022).

Tersedianya sembako di pedagang keliling program Julak Wasi ini menjadi keunikan tersendiri, karena sebelumnya jarang ada yang melakukan.

“Kawan-kawan Julak Wasi barang-barangnya silakan bisa mengambil di BUMD atau koperasi dengan barang yang disubsidi, sehingga barang-barang tersebut bisa dijual ke masyarakat dengan harga murah,” katanya.

Dicontohkan Husin, yaitu  tempe, Pemkab Tabalong telah memberikan subsidi kacang kedelai kepada pengrajin tempe.

Ketika tidak ada subsidi, tempe dijual di pasaran pada kisaran Rp 6 ribu - Rp 7 ribu, tetapi setelah disubsidi maka harga di tingkat perajin bisa dijual Rp 5 ribu. "Sehingga, Julak Wasi bisa menjual di harga Rp 6 ribu per piecenya," kata Husin.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved