Tabalong Terdepan

Dukung Inovasi Julak Wasi, Bupati Tabalong Sebut tak Hanya Sekadar Kendalikan Inflasi

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, didampingi wakilnya, Mawardi, meluncurkan para penjual sayur yang tergabung dalam Julak Wasi untuk tekan inflasi.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Bupati H Anang Syakhfiani saat pasangkan helm ke pedagang pada peluncuran Julak Wasi di Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (21/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Melibatkan 70 pedang sayur dan ikan keliling menggunakan sepeda motor, terobosan baru dalam pengendalian inflasi dengan nama Julak Wasi, resmi diluncurkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong, Senin (21/11/2022).

Julak Wasi merupakan singkatan dari Ojek Jual Sayur Ikan dan Sembako Kawal Inflasi dengan tagline yang digaungkan Pembeli Nyaman, Inflasi Aman.

Peluncuran dilakukan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, didampingi Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi, dan unsur Forkopimda di halaman Pendopo Bersinar, Kota Tanjung, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Selain melakukan peluncuran ditandai dengan pemasangan jaket dan helm khusus bertuliskan Julak Wasi, Bupati juga melepas 70 pedagang untuk berjualan keliling.

Bupati tabalong Anang Syakhfiani Wakilnya Mawardi bersama 70 pedagang Julak Wasi 21112022.
Bupati H Anang Syakhfiani didampingi Wakil Bupati H Mawardi dan unsur Forkopimda bersama 70 pedagang Julak Wasi di halaman Pendopo Bersinar, Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (21/11/2022).

Bupati H Anang Syakhfiani memberikan apresiasi dengan telah dimulainya program Julak Wasi melalui Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan (Diskopukmperindag) Kabupaten Tabalong.

Pasalnya, dengan program ini diyakininya selain bisa berkontribusi terhadap pengendalian inflasi, juga akan berdampak terhadap peningkatan pedagang sayur dan ikan yang jadi bagian dari Julak Wasi.

“Mungkin orang menganggap ini kecil banget, tapi bagi kami ini kebanggaan," ucap Bupati H Anang.

Pasalnya, sayur-mayur dan ikan ini di Kabupaten Tabalong menjadi pendorong inflasi yang kuat. 

Pelepasan 70 pedagang Julak Wasi dilakukan Bupati tabalong H Anang Syakhfiani Senin (21/11/2022).
Pelepasan 70 pedagang Julak Wasi dilakukan Bupati H Anang Syakhfiani bersama Wakil Bupati H Mawardi dan unsur Forkopimda Tabalong di Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (21/11/2022).

Untuk pada tahap pertama pelaksanaan program ini, maka 70 pedagang Julak Wasi akan merambah ke perkotaan. 

"Jika masih kurang, maka akan kita tambah supaya bisa merambah sampai pelosok kecamatan," katanya.

Kemudian, Bupati H Anang menegaskan, selain menjadi bagian dari ikhtiar bersama dalam pengendalian inflasi, Julak Wasi ini juga untuk bisa meningkatkan pendapatan pedagang sayur dan ikan.

Dirinya berkeinginan program Julak Wasi yang saat ini akan berlangsung hanya hingga akhir Desember 2022 bisa terus berlanjut dan semakin dikembangkan.

“Jadi ini bukan sekadar mengawal inflasi lagi, tetapi untuk meningkatkan harkat martabat warga Tabalong,” ucapnya.  (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved