Gempa Cianjur

Evakuasi Korban Gempa Cianjur, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Kerahkan Helikopter BNPB

Evakuasi korban gempa di Cianjur Jawa Barat terus dilakukan. Hari ini Selasa 22 November 2022, Ridwan Kamil perintahkan gunakan helikopter BNPB.

Editor: M.Risman Noor
Capture Youtube BPost
Gempa berkekuatan Magnitudo 5,6 mengguncang Cianjur, Jawa Barat. Getarannya terasa hingga Jakarta. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan evakuasi besar dilakukan hari ini Selasa 22 November 2022. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Evakuasi korban gempa di Cianjur Jawa Barat terus dilakukan. Hari ini Selasa 22 November 2022, Ridwan Kamil perintahkan gunakan helikopter BNPB.

Dalam evakuasi hari kedua korban gempa di Cianjur, melibatkan ratusan relawan dan anggota Polri serta TNI.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan evakuasi besar dilakukan setelah tim gabungan melakukan pemetaan beserta berbagai alat berat telah didatangkan ke sejumlah titik gempa.

Berbagai bantuan yang datang turut mendukung rencana evakuasi besar korban gempa Cianjur.

Baca juga: Polsek Pelaihari Ungkap Penggelapan Motor, Pelaku Bermodus Cari Pekerjaan Lalu Lakukan Hal Ini

Baca juga: Sepasang Muda-mudi Asyik Berduaan di Kamar Kos, Satpol Tanahlaut Juga Temukan Barang Dewasa Ini

"Seluruh infrastruktur sudah datang. Evakuasi akan kami mulai Selasa (22/11) pagi, dengan beberapa helikopter dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang siap membantu," kata Ridwan Kamil saat konfrensi pers di Pendopo Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022) malam.

Dia menyebutkan bahwa saat ini, telah ada ratusan relawan yang tiba di Kabupaten Cianjur untuk membantu proses evakuasi.

"Relawan tersebut terdiri dari petugas SAR, puluhan paramedis, 30 orang dokter bedah dengan peralatan medis seperti oksigen dan tenda yang memadai," ucapnya.

Pria yang akrab dipanggil Kang Emil itu mengimbau kepada masyarakat untuk terus waspada dan tidak panik.

"Gempa susulan tadi mungkin terasa walaupun kecil, tolong warga tetap waspada karena hal tersebut mungkin masih punya potensi terjadi di jam-jam berikut atau hari-hari berikut," ujar Kang Emil.

"Kepada warga yang tidak berkepentingan mohon tidak menjadikan lokasi kebencanaan sebagai tontonan. Biarkan para ahli relawan yang ditunjuk untuk bekerja secepat-cepatnya menyelamatkan kemanusiaan," tambahnya.

Baca juga: Gegara Gonggongan Anjing, Kakek Dipukul Kayu di Banjarmasin Barat, Pelaku Akhirnya Diringkus

Update Korban Gempa Cianjur: 162 Orang Meninggal, 326 Luka-luka

Hingga pukul 20.00 WIB tercatat ada 162 orang meninggal dunia akibat gempa Magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Berdasarkam data dari BPBD Kabupaten Cianjur, selain korban meninggal dunia tercatat 326 orang luka-luka dan 13.784 orang mengungsi.

Selain itu tercatat juga 2.345 rumah dan bangunan mengalami rusak.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved