Berita Balangan

Jelang Haul Datu Kandang Haji, Ratusan Personel Pengamanan di Balangan Amankan Jalur dan Lokasi 

Jelang Haul Datu Kandang Haji di Desa Bayur Kecamatan Jual Kabupaten Balangan, ratusan personel pengamanan diturunkan amankan jalur

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Makam Datu Kandang Haji diketahui berukuran sepanjang 11 meter dan lebar empat meter terletak di Desa Teluk Bayur , Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Selasa (22/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Jelang Haul Datu Kandang Haji, salah satu tokoh ulama tertua di Kabupaten Balangan pada Rabu (23/11/2022) malam mendatang, sejumlah persiapan mulai dilakukan oleh pihak panitia dan tim keamanan.

Jajaran Polres Balangan menurunkan 158 personel untuk pengamanan. Ditambah pula 170 orang Linmas dan 30 personel dari Dinas Perhubungan Kabupaten Balangan serta 25 anggota TNI. 

Pengaturan lalu lintas untuk jalur menuju lokasi makam Kandang Datu Haji di Desa Teluk Bayur, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan diamankan oleh tim gabungan. Bahkan beberapa lokasi parkir juga telah disiapkan. 

Kapolres Balangan, AKPB Zaenal Arifin menerangkan,  pengamanan jalur dan lokasi makam Datu Kandang Haji disiapkan sejak pagi, menjelang Hari H. Hal itu karena para jamaah dari luar daerah sudah mulai berdatangan.

Baca juga: Wisata Kalsel : Antiknya Cukmar Peninggalan Datu Kandang Haji Balangan, Masih Dipakai Saat Khutbah

Baca juga: VIDEO Travel Datu Kandang Haji, Tokoh Besar Islam di Balangan

Bahkan, karena berlangsung di tengah situasi yang rentan banjir, pihaknya juga mensiagakan personel di jalur-jalur yang rawan kenaikan debit air hingga jalan raya. 

"Karena ada lokasi rawan banjir, maka kami tambah personel dari TNI Polri dan Linmas di titik tersebut yang bertugas untuk membantu jamaah, serta disediakan pula sarana untuk evakuasi," kata AKBP Zaenal Arifin,  Selasa (22/11/2022).

Adapun jalur yang rawan banjir, di antaranya pada Desa Buntu Karau, Desa Juai, dan Desa Mungkur Uyam yang menjadi lintasan jamaah. 

Baca juga: Wisata Kalsel, Datu Kandang Haji Bangun Tiga Masjid di Kabupaten Balangan 

Kendati demikian, hingga hari ini jelas Kapolres, debit air pada sejumlah jalur tersebut sudah terjadi penurunan. Sehingga aman untuk dilintasi kendaraan roda dua dan roda empat. Namun pihaknya tetap siaga untuk antisipasi adanya kenaikan debit air saat acara berlangsung. 

Kapolres juga mengimbau kepada jamaah agar mengikuti arahan dari petugas keamanan, baik untuk tempat parkir ataupun informasi lainnya yang dibutuhkan. Termasuk tempat makan dan istirahat bagi jamaah yang datang. (Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved