HSU Mantap

Badan Pusat Statistik dan Diskominfo Kabupaten Hulu Sungai Utara Gelar Bimtek

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Diskominfosandi HSU gelar bimtek EPSS untuk mewujudkan statistik berkualitas.

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono
DISKOMINFO KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Hulu Sungai Utara bersama Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian HSU menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Evaluasi Penyelenggaran Statistik Sektoral (EPSS) di Aula Kantor Diskominfosandi, Kota Amuntai, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (24/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Evaluasi Penyelenggaran Statistik Sektoral (EPSS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten HSU.

Kegiatan ini diadakan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) HSU.

Tempat pelaksanaannya di Aula Diskominfosandi, Kota Amuntai, Kabupaten HSU, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel),  Kamis (24/11/2022).

Bertujuan, mewujudkan statistik berkualitas yang dapat menjadi tolak ukur kinerja penyelenggaraan statistik sektoral di masing-masing pemerintah daerah. 

Kepala BPS HSU, Agus Salim, SST, MP, mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menindaklanjuti Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. 

bimtek EPSS yang diadakan BPS diskominfosandi Kamis (24/11/2022).
Suasana kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Evaluasi Penyelenggaran Statistik Sektoral (EPSS) yang diadakan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian di Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (24/11/2022).

Yang mana, BPS diamanatkan sebagai pembina statistik sektoral dan pembina data statistik.

Berkenaan dengan hal tersebut, BPS telah mengeluarkan Peraturan Badan Pusat Statistik (PerBan) Nomor 3 Tahun 2022 tentang EPSS yang akan menghasilkan Indeks Pembangunan Statistik (IPS). 

"IPS itu dapat digunakan menjadi ukuran kinerja penyelenggaraan statistik sektoral di masing-masing Pemerintah Daerah berdasarkan PerBan tersebut," ujar Agus Salim di sela kegiatan. 

Kegiatan Bimtek ini juga berkenaan dengan pembentukan tim penilai internal. Rencana yang ada, BPS akan melaksanakan uji coba EPSS pada 28 November hingga 30 Desember 2022

Lebih lanjut, ia berharap evaluasi penyelenggaraan statistik di Kabupaten HSU nantinya dapat berjalan dengan lancar serta tepat waktu. 

Sementara itu, Kepala Diskominfosandi HSU melalui Kabid Informasi Komunikasi Publik dan Statistik, Hj Khalidiyah, menyambut baik dan mendukung penuh BPS dalam melaksanakan ujicoba EPSS kali ini. 

"Kami tentu mendukung, tinggal bagaimana cara teknisnya saja lagi," imbuhnya. 

Dalam kegiatan Bimtek kali ini, selain pembentukan Tim Penilai Internal, BPS HSU juga menyosialisasikan Metadata, serta tugas-tugas Diskominfosandi sebagai walidata dari Badan Pusat Statistik. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved