Berita Banjarmasin

Bincang Seru Keuangan Anak Muda, OJK dan Bank Kalsel Bahas di BPost Millenials Fest

Rangkaian Banjarmasin Post Millenials Fest digelar Talkshow bersama OJK dan Bank Kalsel tentang Literasi keuangan bagi millenial

Penulis: Noor Masrida | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/noor masrida
Acara talkshow literasi keuangan bersama Bank Kalsel dan OJK Kalsel di acara Banjarmasin Post Millenials Fest, Minggu (27/11/2022)  

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Salah satu rangkaian acara, Banjarmasin Post Millenials Fest, adalah Talkshow bersama OJK dan Bank Kalsel, Minggu (27/11/2022) siang. 

Talkshow ini membahas topik tentang Literasi keuangan bagi millenial bersama dua narasumber yakni Andika Prassetia, Kepala Sub Bagian EPL, OJK Regional 9 Kalsel dan Septy Farina Ayu, Assistant Manager/Bagian Dana Retail Div Dana dan Digital Banking Bank Kalsel

Narasumber pertama, Andika Prassetia menyampaikan, pentingnya literasi keuangan ini dibahas di kalangan millenial. 

Mengingat, masa sekarang dunia digital sudah digunakan untuk berbagai sektor termasuk di sektor perekonomian. 

Yang terlihat dengan nyata seperti E-commerce, Bank, asuransi, pasar modal, pinjaman online(pinjol), pegadaian, turut pula bergeser ke era digital. 

"Kalau kita nggak paham soal itu, bukannya jadi manfaat, malah jadi beban. Contoh OTP yang kerap kali digunakan untuk mendaftar akun ini itu. Link yang tidak boleh dikasih ke orang lain, jika minim pengetahuan tentang ini, dia mikir nggak papa dikasih tahu ke orang lain, sehingga dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab. Hal-hal yang seperti ini yang harus kita hindari," jelas Andika.

Baca juga: Banjarmasin Post Millenials Fest Hadir, Ada Lomba Cosplay, PUBG dan Pertunjukan Musik

Baca juga: 60 Peserta Ikuti Kompetisi Banjarmasin Post Millenials Fest bersama Bank Kalsel

 Ironisnya, dari survey yang dilakukan OJK beberapa tahun belakangan, tingkat literasi masyarakat Indonesia tentang keamanan keuangan masih di bawah dari 100 persen.

"Survei di 2016 baru 29 persen, di 2019 naik 36 persen, dan terakhir di 2022 baru 49 persen," sambungnya. 

Lantas apa yang OJK lakukan agar masyarakat kian melek terhadap keuangan? 

Berbagai media dikembangkan OJK supaya masyarakat kian meningkat literasi keuangan. Menerbitkan buku, seminar, menginisiasi produk sederhana, hingga menyediakan website untuk belajar keuangan di situs lmsku.ojk.go.id.

"Pesan kami bagi millenials yang baru akan berinvestasi, sudah melakukannya, ataupun melakukan pinjaman online. Pakai tips Legal dan logis, legal artinya sudah diawasi OJK, logis, pikirkan tentang keuntungan yang sekiranya masih masuk akal, bisa juga menghubungi Call Center OJK untuk mengecek legalitasnya," tutup Andika. 

Sementara itu, Septy Farina Ayu, Assistant Manager/Bagian Dana Retail Div Dana dan Digital Banking Bank Kalsel memberikan tips dan informasi tentang Bank milik Daerah serta apa saja keunggulannya. 

"Kami punya tabungan Simpel(simpanan pelajar, TK, SD, SMP, SMA sederajat) untuk adik-adik millenial yang mana tabungan ini memang dirancang OJK utk pelajar belajar menabung di bank," jelasnya. 

Acara talkshow literasi keuangan bersama Bank Kalsel dan OJK Kalsel 1
Acara talkshow literasi keuangan bersama Bank Kalsel dan OJK Kalsel di acara Banjarmasin Post Millenials Fest, Minggu (27/11/2022).

Syarat punya tabungan Simpel di Bank Kalsel ini di antaranya adalah akta kelahiran atau KK, KIA yang tabungannya sudah bebas biaya administrasi. 

"Kalau misal adik-adik hari Senin sampai Jumat masih sibuk, yang mau ke Bank mau melakukan penyetoran uang, bisa dilakukan di akhir pekan, karena kami punya program weekend banking yang buka Sabtu dan Minggu," tambah Septy. 

Baca juga: OJK Luncurkan SiMolek Antisipasi Rendahnya Tingkat Literasi Keuangan Masyarakat

Baca juga: Dirut Bank Kalsel Dipilih sebagai Top 100 CEO Pada Infobank Award 2022

Ditambahkan Septy, pihaknya juga mendukung program dari dinas pendidikan dalam memperkenalkan jasa perbankan kepada para pelajar. 

Banjarmasin Post Millenials Fest disponsori Bank Kalsel dan didukung ESI Kalimantan Selatan, OJK Regional 9 Kalimantan, Teh Pucuk Harum, Le Minerale, Wardah Cosmetic, Emina dan diorganisir oleh Tribun EO Banjarmasin berkolaborasi dengan Bilik Bersenyawa. 

(Banjarmasinpost.co.id/Noor Masrida)

 

  • Berita Terkait :#Berita Banjarmasin
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved