Bumi Bersujud

Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar Sasar Rencana Bendungan Kusan hingga Ciptakan Lapangan Kerja

Bupati Tanbu Zairullah Azhar dampingi tim asesmen ke calon lokasi Bendungan Kusan yang akan bermanfaat besar bagi perekonomian masyarakat.

Penulis: Man Hidayat | Editor: Alpri Widianjono
HAKIM UNTUK BPOST
Bupati HM Zairullah Azhar bersama sejumlah pimpinan SKPD dan tim kementerian setelah meninjau calon lokasi Bendungan Kusan di Kecamatan Teluk Kepayang, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), dipimpin Bupati dr HM Zairullah Azhar, bersama tim asesmen dari Bappenas, Kementerian Manves, Kementerian PUPR, PLN dan asesor Internasional Hydropower Sustainability Standart mengunjungi Kecamatan Teluk Kepayang. 

Tujuannya, melakukan peninjauan ke titik lokasi rencana pembanguan Bendungan Kusan di Desa Mangkal Api dan warga terdampak di Desa Tamunih, Kabupaten Tanbu, Kamis (24/11/2021). 

Tim Bupati bersama assesor ke Desa Tamunih Tanbu untuk mengunjungi warga setempat.

Sedangkan tim lainnya, didampingi Sekda Tanbu Dr H Ambo Sakka menuju lokasi bendungan di Genangan, Desa Mangkal Api.

Tiba di lokasi, Bupati Tanbu Zairullah Azhar dan tim asessmen melakukan diskusi terkait aspek sosial terhadap warga yang berada di wilayah rencana pembangunan Bendungan Kusan.

Ketiga desa terdampak, yakni Tamunih,  Desa Mangkalapi dan Desa Batubulan, akan direlokasi pemerintah daerah. Karena, ketiga desa itu akan jadi lokasi pembangunan Bendungan Kusan.

Bupati Tanbu Zairullah Azhar berharap, dengan dibangunnya bendungan ini, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, baik dari sektor pertanian, perikanan, perkebunan dan lainnya. 

"Selain itu, bendungan ini nantinya mampu mendukung tenaga listrik di Ibu kota Negara baru di Penajam. Bahkan, mampu menciptakan ribuan lapangan pekerjaan bagi warga Kabupaten Tanah Bumbu, " katanya. 

Sementara itu, Ketua Tim dari Bappenas, Ir Juhairi mengatakan, kehadiran mereka guna mendalami aspek sosial terkait pembangunan bendungan Kusan.

"Sebab, pembanguan bendungan ini tidak hanya dibangun melalui anggaran pemerintah pusat saja, melainkan juga  investasi kerja sama dari luar negeri," kelasnya.

Dalam dua hari ke depan, tim akan melihat langsung aspek sosial. "Dan saat ini kami bersama tim juga mengamati aspek sosial di wilayah Bendungan Kusan," lanjutnya.

Ada beberapa aspek, salah satunya relokasi, warisan budaya, ekonomi dan pekerjaan yang terdampak pembangunan Bendungan Kusan.

"Oleh karena itu, kami berharap kepada masyarakat bisa mengungkapkan terkait dampak yang diuntungkan dengan adanya pembangunan Bendungan kusan," pungkasnya

Kegiatan ini turut dihadiri seluruh Kepala SKPD, Tim Asesment dari pusat, anggota DPRD Tanbu, Kapolsek, Camat dan Danramil serta Kades di desa terdampak. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved