Berita Balangan

Kemah Budaya Perdana Digelar di Kabupaten Balangan Menuai Antusias Masyarakat

Kemah Budaya di Desa Sungsum, Balangan, Kalsel, berlangsung sejak Kamis (25/11/2022) hingga Minggu (27/11) diikuti 12 tim pelajar SMA dan Aliyah.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Penampilan penari Bagintur saat penutupan Kemah Budaya di Desa Sungsum, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (27/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Perhelatan Kemah Budaya di Desa Sungsum, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Minggu (27/11/2022), begitu meriah. 

Acara yang melibatkan masyarakat ini dan mengenalkan berbagai kesenian daerah di Kabupaten Balangan menjadi daya tarik bagi warga setempat. Bahkan kegiatan tersebut menjadi tontonan orang banyak. 

Ada 12 tim yang menjadi peserta dalam acara Kemah Budaya ini. Mereka berasal dari pemdes setempat dan pelajar dari SMA dan Aliyah. 

Kemah Budaya digelar sejak Kamis (25/11), dibuka Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemkab Balangan. Penutupannya saat Minggu (27/11) oleh Kadisdikbud Balangan Ribowo. 

Baca juga: Keseruan Panggung Banjarmasin Post Millenials Fest dengan Penampilan Mondblume hingga Eves Lily

Baca juga: Musisi Ternama Kalsel Meriahkan Acara Banjarmasin Post Millenials Fest

Baca juga: Dua Remaja Ini Tertantang Ikut Kontes Fotografer di Banjarmasin Post Millenials Fest

Acara ini merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan Disdikbud Balangan dan berhasil menuai tingginya antusias masyarakat. 

"Kami berharap kegiatan ini akan berlangsung berkelanjutan," kata Ribowo. 

Pada acara Kemah Budaya ini, peserta diwajibkan memiliki keterampilan kesenian dan permainan tradisional. Apalagi, hal itulah yang menjadi kriteria utama dan ditampilkan pada gelaran. 

Ada banyak lomba yang juga dilaksanakan pada Kemah Budaya ini. Sehingga para peserta berkompetisi secara sportif untuk meraih kemenangan dan menampilkan bakat mereka. 

Baca juga: Sebanyak 19 Tim Ikut BPost Battle Royal Offline Competition di Banjarmasin Post Millenials Fest

Baca juga: Kakak Adik Calista dan Queen Ikuti Kompetisi Cosplay Banjarmasin Post Millenials Fest

Baca juga: Bincang Seru Keuangan Anak Muda, OJK dan Bank Kalsel Bahas di BPost Millenials Fest

Di Kemah Budaya, menjadi kesempatan peserta memperlihatkan kemampuan mereka dalam bidang kesenian. Selain itu, mereka juga mengikuti lomba tradisional, di antaranya balogo, main layangan, bakiak dan badaku.

Pada acara ini pula, pihak panitia mengajak peserta melakukan eksplorasi ke Gua Debu yang berada di Desa Sungsum. Mereka didampingi arkeolog untuk melihat dan mengetahui sejarah kehidupan di gua tersebut. 

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved