Berita Tabalong

Personel Vertical Rescue Kabupaten Tabalong Ikut Bersihkan Monumen Tanjung Puri

Sebanyak 10 anggota Vertical Rescue bersihkan Monumen Tanjung Puri atau dikenal Tugu Obor Mabuun menjelang Hari Jadi ke-57 Kabupaten Tabalong, Kalsel.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
VERTICAL RESCUE TABALONG
Personel Vertical Rescue bersihkan Monumen Tanjung Puri atau Tugu Obor Mabuun, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (26/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Persiapan untuk menyambut peringatan Hari Jadi ke-57 Kabupaten Tabalong yang jatuh pada 1 Desember 2022, terus dilakukan berbagai kalangan.

Kali ini, Vertical Rescue Tabalong bersama petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) daerah setempat bersihkan Monumen Tanjung Puri atau dikenal Tugu Obor Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Kalimantan Selatan, Sabtu (26/11/2022).

Pembersihan dilakukan mulai di seputaran bundaran tugu, hingga mencapai bagian atas dari monumen yang bentuknya lumayan tinggi.

Berada di ruas jalan utama penghubung antara Provinsi Kalsel dan Kalimantan Timur (Kaltim), aksi pembersihan ini cukup menarik perhatian.

Baca juga: Pantau Lokasi Banjir, Polres HSU Kalsel Sekaligus Beri Bantuan untuk Warga Terdampak

Baca juga: Dua Ibu Rumah Tangga di Surian Hanyar Kabupaten Banjar Kedapatan Jual Minuman Keras

Baca juga: Sidak Ruko di Panglima Batur, Wali Kota Banjarbaru Aditya Sita 434 Botol Miras

Terlebih beberapa personel Verticl Rescue Tabalong harus bergelantungan agar bisa mencapai bagian atas monumen yang dibersihkan.

"Hari ini kita melakukan pembersihan tugu obor bekerja sama dengan DLH Tabalong  dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-57 Kabupaten Tabalong," ujar Yanuar Iqbal, anggota Vertical Rescue Tabalong.

Komunitas ini menurunkan 10 orang personel dengan tugas khusus untuk membersihkan tugu dari bagian atas sampai bawah.

Sedangkan dari tim DLH Tabalong membersihkan area sekitar bundaran monumen.

Baca juga: Tukang Becak Meninggal di Pinggir Jalan Kota Marabahan, Diduga karena Kelelahan

Baca juga: Seorang Istri di Tapin Syok Temukan Suaminya Tewas dengan Cara Tragis Ini Setelah Pulang dari Pasar

Baca juga: Beri Kemudahan Pelanggan, Trio Motor Kalselteng Luncurkan Aplikasi Bahunda

Disebutkannya, ini sudah ketiga kalinya mereka dilibatkan untuk membersihkan tugu obor dan  berharap bisa terus bekerja sama dengan dinas erkait dalam hal perawatan Monumen Tanjung Puri.

"Kami selalu siap apabila diminta untuk melakukan pembersihan tugu obor maupun monumen lainnya, terkhusus yang berada di ketinggian," ucapnya.

Terpisah, Plt Kepala Bidang Tata Lingkungan DLH Tabalong, Adi Rizani Rahman, mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya menurunkan sejumlah personel dan peralatan untuk membantu pembersihan Monumen Tanjung Puri.

"Kami menurunkan tim penebangan menggunakan alat crane, kemudian tim median untuk membersihkan seputaran Tugu Obor Mabuun," katanya 

Baca juga: Kebakaran di Desa Pemurus Tabunganen Batola, Ada Dugaan Kesengajaan

Baca juga: Gasak Laptop dan Hp Dokter, Seorang Pria Dibekuk Buser Polsek Banjarmasin Utara

Menurutnya, kerja sama dengan Vertical Rescue Tabalong untuk lakukan pemebersihan Tugu Obor Mabuun sangat membantu pihaknya.

Diharapkannya kerja sama ini bisa terus berlanjut dengan menyasar juga monumen atau tugu-tugu lainnya di Kabupten Tabalong yang berkontruksi tinggi.

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved