Berita Balangan

Tingkatkan Kualitas Guru Bahasa Inggris, Disdikbud Balangan Hadirkan Narasumber dari Luar Negeri

Disdikbud Balangan menghadirkan nara sumber dari luar negeri dalam rangka peningkatan kompetensi guru mata pelajaran Bahasa Inggris

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Kepala Disdikbud Kabupaten Balangan, Ribowo menyampaikan laporan pelaksanaan FGD bahasa inggris di Kabupaten Balangan, Minggu (27/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balangan kembali menggelar peningkatan kompetensi bagi pendidik dan tenaga kependidikan di Kabupaten Balangan. 

Kali ini, sasaran peningkatan kualitas SDM yakni para guru mata pelajaran bahasa inggris pada tingkat SMP dan MTS, yang berlangsung di Aula Benteng Tundakan Kantor Bupati Balangan, Minggu (27/11/2022).

Pihak penyelenggara menghadirkan narasumber dari luar negeri yang memang dalam keseharian menggunakan bahasa inggris dalam berbincang yakni Monica Clare Robert 

Selain itu, Pemkab Balangan telah menggelar MoU dengan Indonesia-Australia Language Foundation (IALF) Bali untuk mengembangkan kompetensi berbahasa inggris para guru di Balangan. 

Baca juga: Spesial di Hari Guru Nasional, Bupati Balangan Bagikan Bunga untuk Para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Baca juga: Perbaikan Jalan Gunung Batu-Iyam Kabupaten Balangan Akan Permudah Akses Pelajar ke Sekolah

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan, Ribowo menerangkan, pelaksanaan Workshop atau FGD Pengajaran Bahasa Inggris Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kabupaten Balangan Tahun 2022 diikuti oleh 40 guru mata pelajaran bahasa inggris.

"Kegiatan ini dalam rangkaian pelaksanaan visi misi Bupati Balangan, Abdul Hadi untuk meningkatkan kualitas SDM," kata Ribowo. 

Dimana, Disdikbud Kabupaten Balangan berupaya meningkatkan kompetensi guru bahasa inggris agar mampu memberikan pembelajaran dengan baik dan mampu dicerna peserta didik yang ke depannya akan memberikan dampak positif terhadap keterampilan berbahasa inggris siswa. 

Sebut Ribowo, dengan dihadirkannya narasumber dari langsung dari luar negeri, maka para guru dapat menimba ilmu dan menerapkan bagaimana cara bertutur kata serta berbicara dengan bahasa inggris dalam pembelajaran. 

Ribowo juga menyampaikan, kegiatan FGD tersebut sudah berlangsung sejak tahun 2019 dan akan terus berlanjut untuk meningkatkan kemampuan para guru bahasa inggris di Balangan. 

Ia berharap dari kegiatan yang dilaksanakan dapat memberikan pengetahuan baru pada siswa. Terutama agar siswa berprestasi dalam kemampuan berbahasa inggris dan bisa ikut serta dalam lomba berbahasa inggris tingkat nasional. 

Pembukaan FGD dilakukan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Kabupaten Balangan, Hasmiati mewakili Bupati balangan, Abdul Hadi. 

Hasmiati begitu mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Disdikbud Kabupaten Balangan. Terlebih tujuan utamanya adalah peningkatan kemampuan SDM guru di Balangan. 

Baca juga: Haul Datu Kandang Haji di Balangan, Ribuan Jemaah Padati Lokasi Sejak Pagi

Ia juga menilai antusias peserta untuk ikut kegiatan tersebut sangatlah tinggi. Apalagi program ini berlangsung sudah beberapa tahun belakangan. 

"Kami berharap dari FGD ini, para guru semakin mencintai pembelajaran bahasa inggris yang diberikan kepada peserta didik, dan pengetahuan siswa tentang bahasa inggris pun semakin berkembang," harap Hasmiati. (Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved